Pakde Karwo Minta Bupati Magetan Fokus di Sektor Pertanian

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo meminta Bupati Magetan terpilih periodekepemimpinan Tahun 2018-2023, Dr. Drs. Suprawoto SH, M.Si untuk fokus membangunsektor pertanian di wilayahnya.

Ini karena sektor tersebut memiliki kontribusi sangat besarterhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kab. Magetan 2017, yakni mencapai 32,07%.“Ini artinya 32,07 persen masyarakat Magetan hidup dari pertanian, jadi jika inginmasyarakatnya makmur, ya harus mengurus pertanian” tegas Gubernur Soekarwo saatmemberikan sambutan di acara serah terima jabatan (Sertijab) Bupati Magetan masa jabatan2018-2023 dalam agenda Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kab. Magetan Tahun 2018 diGedung DPRD Kab. Magetan, Rabu (26/9).Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim mengatakan, mengurus sektor pertanianini juga sangat vital. Sebab berdasarkan data BPS per Maret 2017, tingkat kemiskinan di Kab.Magetan masih mencapai 10,48 %, dimana kemiskinan tertinggi berada di pedesaan. Di desa,pekerjaan utama masyarakat Magetan bekerja sebagai petani.Salah satu upaya memajukan pertanian, lanjut gubernur kelahiran Madiun ini, adalahdengan mendorong pengembangan industri primer atau industri pasca panen.

Dengan begitu,para petani akan memperoleh peningkatan nilai tambah terhadap produknya. Pengembanganindustri pasca panen ini juga harus didukung skema pembiayaan murah bagi petani.“Dengan adanya industri primer, maka petani tidak lagi menjual gabah kering panen,tapi minimal bisa menjual gabah kering giling, bahkan jika bisa petani menjual beras.Kemudian bupati harus bisa memberikan skema pembiayaan murah di pertanian yang proterhadap petani” lanjutnya.

Jika sektor pertanian maju, imbuh orang nomor satu di Jatim ini, maka TingkatPengangguran Terbuka (TPT) di Kab. Magetan juga akan ikut berkurang. Berdasarkan dataBPS Tahun 2017, TPT di Kab. Magetan berada di angka 3,80 %. Dimana sebagian besar TPTKab. Magetan berada di pedesaan.

“Jadi bupati harus peduli terhadap on farm ke off farm pertanian, ini akan menyerappara pengangguran tersebut. Sebab proses industrinya ada di petani. Apalagi, 32,07 %masyarakat Magetan hidup di pertanian” imbuhnya.

Pakde Karwo juga berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Magetan periode2008-2018, Sumantri dan Samsi atas jasa dan kontribusinya terhadap pembangunan diMagetan. Pakde menilai, kinerja keduanya sudah sangat baik, contohnya pada Tahun 2017,pertumbuhan ekonomi Magetan mencapai 5,09 %, GINI Ratio mencapai 0,39 %, dan IndeksPembangunan Manusia (IPM) Magetan mencapai 72,60.Dalam sambutannya, Bupati Magetan terpilih, Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Simengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti perintah Pakde Karwo untuk fokus padapertanian.

Menurutnya, sektor pertanian telah masuk kedalam tujuh misi pembangunan Magetan Tahun2018-2023 yang diusungnya. Misi tersebut adalah meningkatkan keberpihakan dan pemberdayaan kelembagaankoperasi usaha mikro sebagai pilar ekonomi kerakyatan, mengoptimalkan pengelola danpendayagunaan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.Disamping itu juga memberdayakan desa sebagai basis sekaligus ujung tombakpembangunan daerah melalui prioritas program dan pendanaan.Sementara lima misi lainnya adalah meningkatkan percepatan dan perluasanpembentukan sumberdaya manusia yang Sehat, Maju, Agamis, Ramah, Terampil (SMART),memantapkan ketercukupan kuantitas dan kualitas sarana prasarana dan fasilitas bagikegiatan pelayanan masyarakat, mengembangkan penyelenggaraan tata pemerintah yangbaik dan manajemen pemerintah yang bersih, profesional, dan adil, serta mengembangkankoordinasi dan kerjasama inter dan antar daerah dalam rangka pemerataan pembangunanwilayah,“Adapun visi yang saya usung adalah masyarakat Magetan yang SMART, SemakinMantab dan Sejahtera” pungkasnya.

Sebagai informasi, Dr. Drs. Suprawoto SH, M.Si berpasangan dengan Hj. NanikEndang Rusminiarti, S.Pd, M.Pd berhasil memenangkan pilkada Kab. Magetan untuk periodekepemimpinan tahun 2018-2023.

Pasangan tersebut unggul atas dua pasangan lainnya, yakniMiratul Mukminin dan Joko Suyono, serta pasangan Suyatni dan Nur Wahid.Hadir dalam acara tersebut, para pejabat tinggi di lingkup Pemprov Jatim, diantaranyaAsisten Pemerintahan Sekdaprov.Jatim, Kepala BakorwilI Madiun, Kepala Dinas Koperasi danUMKM, Kepala Dinas Kominfo, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov. Jatim,Sementara dari unsur Forkopimda Kab. Magetan hadir diantaranya Ketua/Pimpinan/AnggotaDPRD Kab. Magetan, Dandim Magetan, Kapolres Magetan, Kajari Magetan, KPN Magetan,Sekda Kab.Magetan, dan Asisten Sekda/Ka.OPD Kab.Magetan. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *