Pakde Karwo: Pemprov Jatim Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan

  • Whatsapp

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Provinsi Jatim Tahun 2017

SURABAYA, beritalima.com – Pemprov Jatim terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim. Caranya dengan menciptakan manajemen standar pendidikan yang sama antar sekolah baik di wilayah tengah maupun pinggiran. Serta, peningkatan kualitas pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang menghasilkan hasil ujian lebih jujur dan tidak ada lagi isu kebocoran soal. Hal ini disampaikan Pakde Karwo-sapaan akrab Gubernur Jatim usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 Provinsi Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (2/5).

Menurut Pakde Karwo, secara wilayah, pendidikan di Jatim sudah merata hingga ke wilayah-wilayah pinggiran. Masalahnya, hingga saat ini masih ada sekolah yang dianggap sudah dan kurang berkualitas. Adanya UU Nomor 23 Tahun 2014 yang mengatur pelimpahan wewenang SMA/SMK dikelola Pemprov, menjadi salah satu alasan agar kualitas sekolah dalam satu manajemen standar. “Ini filosofi dalam penjelasan undang-undang. Kami akan melakukan standar agar tidak ada lagi yang namanya sekolah pinggiran dan sekolah tengah,” katanya.

Selain manajemen standar, lanjut Pakde Karwo, pelaksanaan UNBK menjadi salah satu cara untuk mengukur dan memetakan bagaimana pendidikan yang berkualitas. UNBK ini mampu melatih kejujuran siswa dan mengukur sejauh mana hasil yang mereka capai. “Pelaksanaan UNBK di Jatim ini luar biasa. Tidak ada isu jual beli soal, adanya konsep kejujuran, dan tidak ada yang menyontek. Hasilnya luar biasa,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Ke depan, Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan Prov Jatim, Dewan Pendidikan serta stakeholder terkait akan memetakan dan mengukur masalah kualitas pendidikan secara lebih detail. “Kami juga bekerjasama dengan TNI/Polri untuk melihat sekolah vokasional yang ‘nganggur’ dalam arti punya manajemen ruangan dan waktu, seperti STTAL tentang las bawah air. Ini kami akan kerjasamakan,” katanya.

Terkait peringatan Hardiknas Tahun 2017 ini, Pakde Karwo atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengucapkan selamat bagi seluruh insan pendidikan di Jatim. “Selamat Hari Pendidikan Nasional, terimakasih untuk semuanya, Jatim memang luar biasa,” ucapnya disambut tepuk tangan para hadirin.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”. Melalui tema ini, pendidikan diharapkan mampu mengikuti perubahan dunia yang sangat cepat serta menuntut kualitas yang semakin tinggi. Dengan begitu, seluruh lapisan masyarakat dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi seluruh bangsa Indonesia. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *