Peduli Lingkungan, Puluhan Polisi Tanam Pohon Di ‘Huko’ Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com

Wujudkan rasa syukur karena telah menerima kenaikan pangkat, puluhan personel Polres Trenggalek melakukan tanam pohon di salah satu petak kawasan hutan milik Perhutani. Tepatnya di lahan yang masuk ke dalam wilayah wisata edukasi hutan kota (huko) Trenggalek. Tak kurang dari 550 batang pohon ditanam oleh anggota Polres Trenggalek bekerjasama dengan para pemangku kawasan hutan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani Kediri Selatan.

Kegiatan yang diinisiasi dan dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek ini termasuk bagian dari rangkaian seremoni Korp Raport. Upacara kedinasan tersebut untuk mengukuhkan kenaikan pangkat satu tingkat kepada 82 anggota.

“Ada 9 orang dari jajaran perwira dan 73 personel Bintara yang naik pangkat,”ungkap AKBP Jean Calvijn Simanjuntak kepada beritalima.com, Senin (30/12/2019).

Dari golongan Perwira, lanjut Jean Calvijn, empat personel naik pangkat dari Iptu ke AKP dan lima sisanya merupakan Ipda ke Iptu. Sementara tingkat Bintara, terdiri dari Aipda ke Aiptu 2 orang, Bripka ke Aipda sebanyak 17 orang, Brigadir ke Bripka 25 orang dan Bripda ke Briptu 29 orang.

“Selamat, semuanya memang layak dan pantas menerima hak masing-masing,” imbuhnya.

Masih menurut Kapolres, kenaikan pangkat ini diharapkan akan semakin meningkatkan pula kualitas kinerja dari anggota. Tugas pokok Polisi adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, jadi semakin tinggi pangkat serta jabatan mereka maka bertambah pula tanggungjawab yang harus diemban.

“Semua berbanding lurus antara hak dan kewajiban. Selalu prioritaskan kepentingan masyarakat, berperan aktif terhadap kegiatan kemasyarakatan,” tegas Jean Calvijn.

Untuk itulah, sambung mantan Kasubdit I Ditreskrimum Polda Metro Jaya ini, anggota disarankan agar mau lebih peduli terhadap lingkungan. Apalagi saat ini waktunya datang musim penghujan, sangat diperlukan adanya reboisasi (penghijauan kembali) terhadap hutan yang kemarin sempat dilanda kekeringan. Penanaman pohon merupakan satu alternatif dalam mengurangi dampak dari bencana alam, semisal tanah longsor dan banjir.

“Program ini juga sebagai sarana menumbuh kembangkan kecintaan personel kepada alam, lingkungan sekaligus edukasi kepada masyarakat tentang betapa pentingnya dalam menjaga lingkungan,” ujarnya.

Sementara, Wakil Administratur KPH Perhutani Kediri Selatan melalui Asisten Perhutani BKPH Trenggalek, Kartiman mengatakan, jika kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek bersama dengan pihaknya ini merupakan wujud nyata dari sinergitas antar jajaran.

“Untuk jenis bibit pohon yang ditaman merupakan tanaman multiguna. Diantaranya, durian, sawo, alpukat, pete dan lain-lain,” jelasnya.

Dengan adanya program ini, dirinya optimis bahwa jajaran stake horder lain akan tergugah hatinya mau ikut serta dalam menjaga dan melestarikan kawasan hutan.

“Terima kasih terhadap Polres Trenggalek yang telah membantu menanam pohon di lingkup Hutan Kota. Semoga ini merupakan langkah awal bagi semua pihak di semua level generasi untuk mau bersama-sama menjaga hutan,” harap pria ramah asli Jawa Tengah ini. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *