Pejabat Baru Dilantik Diharap Tuntaskan Tugas Pembangunan Daerah

  • Whatsapp

*Hadi Winarno Dilantik Menjadi Sekdakab Sergai

Serdang Bedagai
Beritalima-Sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) yang baru dilantik diminta harus bekerja keras, berikan sumbangsih ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan mampu menyiapkan program kerja secara kongkrit bukan hanya sebatas strategi diatas kertas belaka. Harus memahami tupoksinya dengan menghasilkan output kepada masyarakat dan pembangunan daerah ini kedepannya, khususnya dapat mengimplementasikan membangun dengan berkonsentrasi memperkuat daerah pinggiran, berdayakan secara merata semua potensi yang dimiliki wilayah-wilayah desa di Kabupaten Sergai.
Permintaan ini disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya usai melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak 45 orang pejabat, diantaranya 20 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 25 orang Pejabat Administrator di jajaran Pemkab Sergai bertempat di aula Kantor Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, Jumat (26/8).
Turut hadir dalam kesempatan ini Ketua DPRD Sergai Syahlan Siregar ST, Wabup Darma Wijaya, Ketua TP. PKK Ny Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Wakapolres Sergai Kompol Irma Ginting, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Kepala SKPD dan Camat serta Muspika Sei Rampah.

Dari 20 orang Pejabat Tinggi Pratama sebanyak 5 orang naik jabatan atau promosi diantaranya yakni Drs. Hadi Winarno MM yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Sosial (Ekbangsos) diangkat menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai, kemudian Drs. Dimas Kurnianto SH dari jabatan lamanya sebagai Camat Sei Rampah diangkat menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) lalu Ir. Kaharuddin diangkat menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang sebelumnya sebagai Sekretaris Bappeda, sedangkan Kadis Pertanian dan Peternakan (Distannak) dijabat oleh Syafrial Budi SP, MP sebelumnya sebagai Sekretaris pada Distannak dan Sri Wahyuni Pancasilawati, SP sebagai Pj. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla).
Sementara itu untuk 25 orang pejabat Adiministrator yang mendapatkan promosi jabatan antara lain Esdin Damanik SE sebagai Pj. Camat Kotarih, lalu Panisen Tambunan S.Sos sebagai Pj. Kepala Bagian (Kabag) Organisasi, Ir. Rudy Edwin Siregar, M.TP mengisi jabatan sebagai Sekretaris Bappeda, selanjutnya dr. Nanda Satria sebagai Direktur RSU Sulaiman, kemudian Searca Agung Nugroho SE diangkat sebagai Pj. Kabid Kebudayaan dan Kesenian Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah raga (Disparbudpora) dan Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si sebagai Pj. Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada BPMPD.
Dijelaskan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bahwa pelantikan ini sebagai suatu momentum dan sejarah baru bagi Kabupaten Sergai, karena para Kepala SKPD yang dilantik merupakan hasil mekanisme pelaksanaan seleksi secara terbuka pada bulan Juni lalu sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang mewajibkan untuk pengisian jabatan tinggi pratama harus dilakukan secara terbuka dikalangan ASN. Pelaksanaan seleksi secara terbuka ini menurutnya mengacu kepada Peraturan Menpan dan RB tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Moment pelantikan yang dilaksanakan di Balai Desa ini sebagai wujud perhatian Pemkab Sergai menjawab keinginan masyarakat yaitu menghadirkan negara ditengah masyarakat atau yang dikenal prinsip Nawacita. Bahwa aparatur birokrasi pemerintahan sebagai pelayan masyarakat sehingga wajib merasakan secara langsung kondisi rill yang terjadi di masyarakat. Kehadiran dan keberadaan pimpinan Sergai mempunyai tujuan untuk memperlihatkan bagaimana sosok Kepala SKPD yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa program Nawacita yang digalakkan oleh pemerintah nasional setidaknya dapat diimplementasikan membangun dari pinggiran oleh Pemkab Kabupaten Sergai ini, jelas Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.
Untuk itu kepada para kepala SKPD yang mendapat promosi jabatan, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman juga mengingatkan agar serius membangun kebersamaan (team work) serta menghilangkan ego sektoral, setiap aparatur di daerah ini merubah cara berpikir (mindset) bekerja buat kepentingan masyarakat.
Selain itu Bupati H. Soekirman juga menghimbau para pejabat yang dilantik bukan hanya mengisi kekosongan jabatan semata melainkan harus memikul tanggung jawab terhadap kinerja keseluruhan staf yang dipimpinnya, sebagai pimpinan wajib responsif dan tanggap terhadap segala bentuk perubahan yang terjadi ditengah masyarakat.
Mengakhiri sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menegaskan kembali kepada jajaran pejabat yang telah dilantik jangan bersantai lagi dan jangan sampai terlambat melaksanakan program kerja dilapangan. Disamping itu tidak terjebak dengan kegiatan yang bersifat rutin saja kurangi hal-hal yang bersifat seremonial, lakukan hal yang sederhana karena pelayanan kinerja kita kepada masyarakat kedepannya akan menghadapi berbagai tantangan yang lebih berat dan kompleks. Jadilah seorang inovator yang mampu menjalankan visi dan misi Kabupaten Sergai menjadi Kabupaten yang Unggul, Inovatif, Bertanggung jawab dan Berkelanjutan, pungkas Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.(s.i/su)
Teks Photo :Bupati Sergai H. Soekirman menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas oleh pejabat yang telah diambil sumpah/janjinya disela-sela acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 45 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkungan Pemkab Sergai bertempat di aula Kantor Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, Jumat (26/8)). (S.i/su)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *