Pembacaan Ikrar Damai Tandai Deklarasi PSJB

  • Whatsapp
www.beritalima.com

JOMBANG, beritalima.com – Deklarasi pembentukan Paguyuban Perguruan Pencak Silat Jombang Beriman (PSJB) sukses digelar, dilangsungkan di halaman Mapolres jalan Wahid Hasyim pada Sabtu (13/07/2019) 08.00 WIB. Acarapun berlangsung cukup meriah dengan suguhan hiburan dan perlombaan, Pembacaan Ikrar Damai oleh sebanyak 24 perguruan telah menandai prosesi deklarasi yang digagas oleh Polres dan Forkopimda sebagai upaya preventif terjadinya gesekan atau konflik antar perguruan seperti daerah lainnya di Jawa Timur.

Dalam giat ini dihadiri oleh Wakil Bupati Jombang, Kapolres, Dandim, Kajari, dan 24 Ketua Cabang perguruan masing masing yang tergabung dalam PSJB. Idris dari perguruan Pencak Silat Pagar Nusa yang bertindak sebagai pembaca naskah ikrar damai, tak hanya itu para anggota perguruan pun unjuk kebolehan memberikan penampilan terbaik dalam Seni Kembangan kreasi masing masing.

Fadli Widyanto Kapolres Jombang selaku Ketua Harian memberikan sambutan, dalam sambutannya Kapolres mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh perguruan yang telah berkomitmen menjaga Kabupaten Jombang aman dan damai.

“Terima kasih saya kepada seluruh perguruan yang ada di kabupaten Jombang yang telah berkomitmen menjaga Kabupaten Jombang aman dan damai, mari kita jadikan Jombang sebagai percontohan perdamaian antar perguruan yang tak hanya di tingkat regional saja. Akan tetapi dapat menjadi percontohan Nasional,” katanya.

Sementara Sumrambah Wakil Bupati Jombang selaku Ketua Umum dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Penghargaan kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini, mari jadikan kemampuan beladiri kita menjadi bermanfaat bagi diri kita dan lingkungan dengan tidak menyalahgunakan ke hal hal negatif. Jadilah pendekar pendekar penegak kebenaran, jadilah pendekar berprestasi melalui jalur resmi bukan pendekar atau petarung jalanan. Pemerintah siap memfasilitasi setiap kegiatan dengan syarat rukun dan damai,” tegasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Giat inipun mendapat Apresiasi setinggi-tingginya dari Sekretaris Pusat dan Ketua Cabang Perguruan Pencak Silat Perisai Hitam (PPS PH). Anom Junaedi atau yang akrab disapa Bopo Anom Pendalungan saat diwawancarai awak media, memberikan Apresiasi utamanya kepada Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) dan Jajaran Kepolisian Resort (Polres) dan Forkopimda.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Apresiasi setinggi-tingginya saya beriakan utamanya kepada Pemkab, Jajaran Polres dan Forkopimda, yang telah menggagas adanya satu wadah bernama PSJB. Kedepannya saya bersama perguruan siap menjadi bagian penting dalam sejarah yang turut memberikan andil sebagai penjaga perdamaian Kabupaten Jombang tercinta,” pungkasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Untuk diketahui, kegiatan ini menjadi pertama kali dalam sejarah di Kabupaten Jombang mempersatukan berbagai macam perguruan dan aliran dalam satu wadah yaitu PSJB, diproyeksikan wadah ini sebagai wadah silaturahmi antar perguruan guna persatuan dan kesatuan dalam perbedaan. (**)

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *