Pembangunan Islamic Science Park di Kaki Jembatan Suramadu Butuh Lahan 101 Hektare

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com– Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan membangun Islamic Science Park(Taman Sains Islam). Rencananya pembangunan tersebut akan dibangun di Madura tepatnya di kaki jembatan Suramadu.

Khofifah mengatakan, pembangunan Islamic Science Parkmasuk dalam draf Peraturan Presiden (Perpres) yang dilaksanakan Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS). Dijelaskan dia, untuk pembangunan mega proyek tersebut membutuhkan lahan seluas 101 hektare (ha).

Dikatakan dia, untuk pembebasan lahan pembangunan Islamic Science Parkdilakukan BPWS. “Untuk pembebasan lahan kita berpayung kepada BPWS, pembebasan lahan mungkin tahun ini akan dikembangkan jadi kita akan satu payung dengan BPWS,” ungkap dia. Selasa (30/7/2019).

Khofifah menjelaskan, urgensi proyek ini menjadi jembatan pemerataan ekonomi antara Madura dengan wilayah lainnya di Jawa Timur. Selain itu, untuk menyiapkan pengembangan kawasan metropolitan Surabaya.

“Jadi artinya metropolitannya Surabaya akan berkembang, kalau ke arah Madura berarti Bangkalan, Pasuruan, lalu Sidoarjo, Mojokerto, Gresik dan Lamongan,” ujar Khofifah.

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu menyampaikan, untuk pembangunan itu membutuhkan koneksitas antara daerah-daerah metropolis di Jawa Timur. Bahkan Khofifah mengatakan, sudah mengusulkan kepada Menteri Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) bahwa pembangunan Islamic Science Park disiapkan sebagai megapolitan.

“Tapi apapun kita tetap membutuhkan koneksitas dari sarana transportasi publik, Kedua permukiman, ketiga, pendidikan vokasi,” katanya.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu berharap, para millenial Madura khususnya millenial Bangkalan menjadi penggerak atau motor pertama mulai dari proses pelaksanaan hingga penyelengaraan pembangunan. “Maka pendidikan vokasi jadi penting,” tutupnya. (Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *