Pemdes Pecuk Salurkan BLT DD Tahap I

  • Whatsapp

Tulungagung, beritalima.com- Program pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2024 kembali disalurkan Desa Pecuk, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, dengan fokus pada masyarakat miskin ekstrim dan disalurkan pada hari selasa, 16/1/2024, kemarin.

Bantuan tersebut diberikan 3 bulan sekaligus yakni, Januari, Februari dan Maret kepada 10 keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Desa Pecuk Mu’anam melalui Sekdes Adhib Bakhtiar Riza menyampaikan bahwa, pemberian BLT tersebut merupakan bagian dari upaya nyata pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi dan juga sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat miskin ekstrim yang memerlukan perhatian lebih dari pemerintah.

“Dalam kondisi seperti saat ini, banyak masyarakat miskin ekstrim yang benar-benar membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, Pemdes Pecuk berkomitmen untuk membantu mereka melalui program BLT ini,” ujar Adhib. Jum’at, (19/1/2024).

Menurutnya, penerima BLT telah ditetapkan berdasarkan data yang valid dan terverifikasi oleh petugas terkait. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa bantuan BLT benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.

Pemerintah Desa Pecuk juga bekerja sama dengan berbagai pihak guna memastikan bahwa bantuan bantuan BLT DD ini benar-benar tepat sasaran.

“Kita selalu koordinasi dengan berbagai pihak terutama RT/RW dan tokoh masyarakat, agar tidak salah memilih penerima bantuan,” tambahnya.

Pihaknya mengungkapkan, bantuan BLT ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat penerima. Tak lupa juga Pemdes mengingatkan, bantuan tersebut harus digunakan untuk keperluan yang benar-benar mendesak demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan tidak untuk keperluan konsumtif yang tidak penting. Pemdes Pecuk juga telah menyiapkan langkah-langkah pengawasan dan monitoring, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

“Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga keadilan dan keberlanjutan program bantuan sosial bagi masyarakat miskin ekstrim,” ungkapnya.

Lanjutnya, program BLT ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat miskin ekstrim di Desa Pecuk. Ini adalah langkah konkret dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan ekonomi, terutama di tengah kondisi sulit akibat pandemi.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, masyarakat penerima dapat merasakan sedikit lega dalam menghadapi kesulitan ekonomi yang mereka hadapi,” tutupnya.

Sementara itu, Wantuji salah satu warga yang merupakan penerima BLT DD 2024 mengapresiasi program bantuan tersebut. Ia menyatakan bahwa, bantuan tersebut sangat membantu dalam meringankan beban ekonomi mereka di tengah kondisi sulit akibat dampak dari pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir.

“Saya mengucapkan terimakasih dan sangat bersyukur atas bantuan ini, karena kondisi ekonomi kami memang sedang sangat sulit. Semoga bantuan ini juga dapat membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan,” pungkas Wantuji. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait