Pemdes Winong Bagikan BLT DD Tahap 2, Kades: Bantuan Harus Tepat Sasaran

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Hampir serentak, dalam sepekan terakhir Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap 2 di Kabupaten Tulungagung disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BLT DD Tahun 2023 ini, hanya diberikan kepada penerima dengan kategori masyarakat miskin extrem. Sehingga, di setiap Desa hanya tinggal puluhan KPM saja.

Tak terkecuali Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, hanya menyalurkan BLT DD kepada masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan. Di tahun 2023 ini, hanya 26 orang saja yang mendapatkan BLT DD sesuai kategori.

Kepala Desa Winong Sutejo menyampaikan bahwa, BLT DD Tahap 2 Tahun 2023 diberikan hanya kepada masyarakat dengan kategori masyarakat miskin extrem. Rabu, (12/4/2023).

“Masyarakat Desa Winong yang masuk kategori masyarakat miskin extrem sebanyak 26 orang. Mereka, rata-rata tidak mempunyai penghasilan dan pekerjaan tetap,” ucapnya.

Lanjut Kades Tejo mengatakan, pihaknya sudah memilah dan memilih mana warganya yang berhak mendapatkan bantuan dan masuk kriteria penerima BLT DD tahun 2023 ini.

“Kami bersama seluruh staff, perangkat, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat, sudah rapat bersama untuk menentukan siapa yang harus diberikan bantuan BLT DD,” lanjut Tejo.

Ditambahkan, anggaran BLT DD harus tepat sasaran dan penerimanya, terlebih warga yang saat ini sangat butuh bantuan untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Warga masyarakat yang sudah lansia dan sedang sakit, sudah tidak produktif dan bekerja secara maksimal, sedikit bantuan BLT DD bagi mereka sangat berarti dan bermanfaat.

“Bagi mereka yang sedang membutuhkan bantuan, pastinya BLT DD ini sangat bermanfaat dan berguna untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Terlebih, saat ini menjelang lebaran, kebutuhan dan harga bahan pokok melonjak naik,” tambahnya

Diterangkannya, BLT DD dapat digunakan untuk membeli sembako dan kebutuhan mendesak lainnya. Jangan digunakan untuk membeli yang sekiranya tidak diperlukan.

“Kami mohon, bantuan ini agar dimanfaatkan dan digunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari-hari, terutama sembako,” terang Tejo.

Tejo berharap, mudah-mudahan dengan bantuan tersebut, bisa sedikit membantu meringankan kebutuhan keluarga.

“Semoga, bantuan BLT DD Tahap 2 ini, bisa membantu mereka membeli kebutuhan dan sedikit meringankan kebutuhan keluarga,” tutupnya.

Sementara itu, Sailan penerima BLT DD merasa senang dan bersyukur mendapat bantuan tersebut.

“Saya merasa sendang dan terbantu dengan adanya bantuan BLT DD ini. Akan saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama membeli sembako, seperti beras, minyak, lauk pauk dan lainnya,” pungkas Sailan. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait