Pemkab Bangkalan Gandeng BUMDes Untuk Pengembangan Sektor Wisata

  • Whatsapp

BANGKALAN, BeritaLima.com- Sebagai Upaya peningkatan dan pengembangan potensi wisata, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan dijadikan terobosan pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Hal itu dikatakan oleh pejabat (Pj) Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh, Dikarenakan objek wisata di Bangkalan secara keseluruhan masih dikelola individu.

Karena itu, dengan pemberdayaan BUMDes kata dia (Indra, Red) diharapkan mampu meningkatkan pengembangan wisata dan mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Ini adalah usaha kita, yang akan bekerjasama dengan BUMDes untuk pengembangan tempat wisata, dan ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah, agar wisatawan yang datang ke madura bisa menikmati keindahan alam, khususnya di Bangkalan,” Ujar Indra. usai kegiatan sarasean Pengembangan Pariwisata, Rabu (25/4/2018) di Pendopo Agung Bangkalan, bersama Paguyuban Pelaku Wisata (PPW) Jawa Tengah.

Untuk mendukung itu, kata dia pemerintah setempat akan membantu dalam penyediaan infrastruktur dan transportasi, sehingga akses jalan menuju tempat wisata lebih baik dan bagus.

“Makanya kita akan bekerja sama dengan BUMDes, jalannya akan kita lebarkan. Biar tempat wisata kita ini lebih baik,” ujarnya.

Selain penyediaan infrastruktur dan transportasi, lanjut Indra, faktor keamanan dan kenyamanan juga mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung. Ketika tempat itu sudah aman dan nyaman pasti mereka akan mengunjungi kembali.

“Sangat diperlukan sinergitas dari semua pihak, bukan pemerintah saja, tapi masyarakat juga. dengan bersinergi pasti wisata di Bangkalan tambah maju dan pengunjung lebih banyak,” katanya.

Sementara, Lily Setiawaty Mukti Kepala Dinas Budaya Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangkalan, menjelaskan bahwa tempat wisata di Bangkalan selama ini belum ada yang menyumbang terhadap pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Bangkalan.

“Seperti jaddih, bukit palalangan masih belum bisa di jadikan PAD, karena di kelola pribadi,” ungkapnya.

Meski demikian, Lely mengajak masyarakat Bangkalan untuk sama-sama memperkenalkan dan mempromosikan objek wisata dan budaya yang ada di Bangkalan.

“Ayo kita promosikan tempat wisata di Bangkalan, restoran, kuliner kita, biar dikenal masyarakt luas,” ucapnya. (Rsd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *