Pemkab Bondowoso Target 2020 Sebanyak 46 Ribu Rumah Tangga Miskin Teraliri Listrik

  • Whatsapp
Plt Sekda Agung Trihandono saat dikonfirmasi wartawan

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah kabupaten Bondowoso memiliki target tahun depan (2020) sebanyak 46 ribu rumah tangga miskin di Bondowoso sudah bisa teraliri listrik semua.

Pasalnya sampai saat ini masih ada 46 ribu rumah tangga yang tersebar di 23 kecamatan yang ada di Bondowoso belum menikmati penerangan listrik.

Hal itu disampaikan oleh Plt Sekretaris Daerah Bondowoso Agung Trihandono saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai menghadiri acara GAIN di Pendopo Bupati Kamis (09/05).

Menurutnya dari 46 ribu rumah tangga tersebut sebentar lagi tahap pertama sudah ada 26 ribu rumah tangga yang siap menikmati aliran listrik secara gratis.

“Sudah siap tahun ini 26 ribu kWh yang akan didistribusikan kepada 26 ribu warga miskin secara gratis,” tuturnya kepada sejumlah wartawan.

Agung menjelaskan bahwa, sebanyak 26 ribu warga yang menikmati aliran listrik tersebut sambungan listrik berkapasitas 450 wat.

“Jadi semua itu berkapasitas 450 wat. Karena hanya 450 yang mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah sehingga masyarakat tidak terlalu terbebani setiap membayar listrik bulanannya,” jelasnya.

Lanjut Agung sementara sisanya itu sudah dikordinasikan bersama Wabub ke pemerintah pusat agar target 2020 itu seluruh masyarakat miskin di Bondowoso sudah menikmati aliran listrik.

“Tapi masih dijanjikan sama derektorat energi. Nanti itu yang akan diintervensi untuk tahun berikutnya. Tapi insyaallah kalau dipenuhi Tahun 2020 itu sisanya bisa dipasang,” imbuhnya.

Menurutnya, faktor yang menyebabkan puluhan ribu rumah belum teraliri listrik, yang jelas adalah faktor kemiskinan.

“Pertama jaringan, kalaupun ada jaringan mereka tidak punya duit untuk ngamprah listrik. Itu yang kemudian dibantu oleh pemerintah pusat,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *