Pemkab Halbar Gelar Sosialisasi Pamsimas III

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan menggelar Sosialisasi Pansimas III, tingkat kabupaten Halbar, Kamis (30/6), yang dipusatkan di ruang rapat Bappeda.

Kegiatan tersebut, dengan 3 narasumber diantaranya, Roms Untuk wilayah Maluku – Maluku Utara Alwi Yudin, ‎Ketua DPMU Halbar ‎Abd. Hamid Yusri Daeng Barang, Sekertaris Bapedda Halbar ‎Hj. Wahnia. Dan ‎peserta dari Kepala Desa (Kades) dan Anggota BPD‎, Asosiasi Desa dari 10 Desa di 3 Kecamatan. Yakni, kecamatan Jailolo Selatan, Ibu Selatan dan Loloda.

Dalam sosialisasi itu, guna meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat yang kurang terlayani karena  rendah mendapat pelayanan air minum dan sanitasi, dengan adanya program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III.

Ketua DPMU kabupaten Halbar Abd Hamid Yusri, usai rapat sosialisasi kemarin, mengatakan, kegiatan tersebut digelar karena  ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, yang dikhususkan dilaksanakan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota, jadi program kali ini difokuskan di 10 desa tersebut.

“Kami hanya melanjutkan program pemerintah Pusat, dan yang kami fokuskan di 10 desa ini, lantaran desa tersebut selama ini belum tersentuh oleh program Pamsimas sendiri,”ungkap Yusri.

Lanjutnya program ini Tujuan Pamsimas untuk meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan dan peri-urban, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup sehat dengan membangun atau menyediakan prasarana dan sarana air minum serta sanitasi berbasis masyarakat berkelanjutan dan mampu diadaptasi oleh masyarakat dalam upaya mencapai target MDGs.

“Dengan sosialisai Pamsimas ini, guna meningkatkan pemahaman Masyarakat terkait dengan Pansimasi itu sendiri, jadi diharapkan kepada pemerintah Desa dapat meningkatkan pelayanan Air Minum dan menjadi masyarakat mandir karena program tersebut langsung dikelolah oleh masarakat setempat, dia juga mengatakan program ini dipastikan berjalan ditahun ini juga,”ujarnya.

‎Selain itu, Ucy sapaannya menambahkan, air minum dan sanitasi itu, untuk masyarakat bisa menggunakan air sesuai kebutuhan yang diinginkan. Demi penyehatan lingkungan juga dapat diperhatikan,”pungkasnya. (ssd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *