Pemkab Madiun Raih Penghargaan APE Kategori Utama Dari Kementrian PPPA

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama tahun 2021 dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Rabu 13 Oktober 2021.

Penghargaan ini diserahkan secara virtual dan diterima oleh Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, dari Pendopo Muda Graha, Pemkab Madiun.

Kepala Dinas PPKB, PPPA Kabupaten Madiun, Suryanto, menjelaskan, perencanaan responsibility gender atau perencanaan yang mengakomodir kebutuhan gender yang dilakukan oleh pemerintah desa hingga Dinas/Badan di Kabupaten Madiun menjadi kontribusi paling besar.

“Tim APE Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan apresiasi positif sehingga kita mendapatkan nilai tambahan,” ucap Suryanto.

Terkait perlindungan anak, lanjutnya, sebatas pada pendampingan psikologis anak yang terdampak permasalahan.

“Contoh, sebagaimana surat Gubernur Jatim mengenai rencana aksi perlindungan anak terdampak covid-19. Bahkan kita kemarin mendapat CSR dari PT. KAI (Persero) dalam bentuk 242 paket sembako dan sudah diserahkan kepada anak yatim piatu,” tandasnya.

“Kami berharap teman-teman OPD terus melakukan perencanaan terstruktur terhadap penggunaan anggaran yang berbasis pada gender. Karena gender ini harus kita perhatikan. Sebagaimana instruksi Bu Menteri PPPA, ada element yang belum terlindungi. Seperti ibu hamil, ibu menyusui dan anak disabilitas. Padahal mereka ini sangat perlu perlindungan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemda yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

APE yang diterima Pemkab Madiun, tidak lepas atas arahan dan kebijakan dari Bupati Madiun kepada OPD dan pihak terkait, untuk serius memperhatian kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (Dibyo).

Ket. Foto: H. Ahmad Dawami.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait