Pemkab Sergai Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018

  • Whatsapp

Serdang Bedagai,beritalima.com- Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 Tahun 2018 dengan tema “Pembangunan Sumberdaya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Dalam Era Digital”. Upacara di halaman kantor Bupati Sergai,Sei Rampah, Senin (21/5).

Inspektur Upacara (Irup) Bupati Ir.H.Soekirman, Perwira UpacaraDrs. Purba Siregar dan Komandan Upacara Romian Parulian Siagian, S.STP, M. Upacara diikuti oleh Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan ratusan ASN di Lingkungan Pemkab Sergai.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Rudiantara, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bupati Soekirman menyampaikan. Bersatu, adalah kunci untuk menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat datang menghadang didepan.Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana cara berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama semangat kemerdekaan.

Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa indonesia untuk pertama kali menyadari betapa pentingnya persatuan dan kesatuan.Presiden Pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia,Soekarno pada peringatan Harkitnas Tahun 1952 mengatakan,”Pada peringatan hari itu kita memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ide,satu naluri dari pada bangsa Indonesia.Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini menjadi besar sejajar dengan bangsa-bangsa lain,kalau sekarang bangsa ini punya hampir segalanya,kata Rudiantara.

Dikatakan Mentri Kominfo RI,butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia melalui kualitas pendidikan dan peatihan. Pada awal tahun ini,visi tersebut mendapat penekanan melalui amanat Persiden Joko Widodo bahwa pemerintah akan meningkatkan pembanguan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019. Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi secara simultan meningkatkan sumber daya manusianya,kata Mentri Kominfo.

Selanjutnya Menkominfo dalam pidatonya menyampaikan bahwa dengan inovasi digital diharapkan ada kejutan dan tata cara baru dalam berhimpun dan berkreasi bersatu Sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa.

Satu hal yang pasti, kita harus tetap bersatu dan berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa ditengah gemburan lawan-lawan yang bisa jadi makin tak kasat mata, Bung Karno juga menggambarkan persatuan bangsa seperti layaknya sapu lidi. Jika tidak diikat ,maka lidi lidi itu akan bercerai berai tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi-lidi digabungkan, diikat menjadi sapu “Justru karena itulah maka kita tidak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial,paparnya.

Mari bersama-sama kita jaukhan dunia digital dari anasir-anasir pemecah belah dan konten-konten negatif,agar anak-anak kita bebas berkreasi,bersilahturahmi,berekspresi,dan mendapatkan manfaat dirinya.Dulu kita,dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi,keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi,berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa.Seharusnya kita sekarang bisa,sepuluh,berdua, menjaga dunia yang serba digital in, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti,yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110 ,maknai peringatan tahun ini dilingkungan kita masing-masing,untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia,terutamagenerasi muda,yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang.tutup Mentri Rudiantara.(Agus)

Teks Photo :

LAPORAN DANUP : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menerima kesiapan laporan dari Komandan Upacara Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si pada peringatan Upacara Harkitnas Ke-110 tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (21/5). Photo : BL/Agus

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *