Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Rakyat, Sambut Peringatan OTODA ke XXI

  • Whatsapp

Sidoarjo.berita lima.com- Kabupaten Sidoarjo akan menjadi tuan rumah Peringatan Hari OTODA ke XXI yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Beberapa persiapan sudah dilakukan, termasuk dengan menggelar beberapa pagelaran.

Salah satunya dengan menggelar Pasar Rakyat Pameran UMKM dan Produk Unggulan Sidoarjo. Pameran ini digelar tiga hari, mulai tanggal 21 sampai 23 April. Pameran dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Jumat (21/4) pukul 15.00 WIB.
Ada sebanyak 102 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memamerkan produk unggulan Kabupaten Sidoarjo dalam kegiatan ini. Mereka akan menempati stan-stan yang sudah disediakan si Alun-alun Sidoarjo.

Produk yang dipamerkan, mulai dari produk pangan, makanan khas Sidoarjo, seperti bandeng asap, otak-otak bandeng dan banyak jenis makanan lainnya. Sedangkan untuk sandang, mulai dari batik sampai kerajinan kulit.

Ada juga kerajinan tas kulit, sepatu kulit, busana muslim, rajut dan accesoris lainnya. Pengunjung dapat melihat satu persatu produk yang dipamerkan. Apalagi, pameran digelar di stan-stan yang ada di dalam tenda.

Pasar Rakyat merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemkab Sidoarjo untuk memasarkan produk UMKM. Kali ini, sengaja digelar bertepatan dengan Peringatan Hari OTODA ke XXI dengan harapan bisa mempromosikan produk UMKM Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, dengan digelarnya Pasar Rakyat ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian pelaku UMKM Sidoarjo. Apalagi, produk-produk UMKM Sidoarjo tidak kalah bersaing dengan produk dari luar Sidoarjo.
Saiful Ilah menambahkan dengan adanya promosi semacam ini, diharapkan produk-produk UMKM Sidoarjo bisa dikenal di luar Sidoarjo. Bahkan, sampai ke luar negeri. “Pemkab terus mempromosikan produk-produk UMKM Sidoarjo agar bisa lebih dikenal,” tandasnya.

Salah satunya promosi yang dilakukan Pemkab Sidoarjo, dengan misi perdagangan ke Italia beberapa waktu lalu. Ada produk dari Sidoarjo, khususnya koper yang diekspor ke Italia.

Saiful Ilah meminta pameran seperti Pasar Rakyat harus diagendakan rutin tiap tahun. Demikian pula promosi-promosi dalam bentuk lainnya juga harus digalakkan..Selain dihadiri Bupati, pembukaan Pasar Rakyat juga dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Muh Anwar Nasir, Dandim 0816 Letkol Inf Fadli Mulyono, dan Forkompida lainnya. Hadri pula Sekda Sidoarjo Djoko Sartono, Kepala Disperindag Sidoarjo Feny Apridawati dan jajaran kepala dinas dan pelaku usaha.

Dalam sambutannya Kabid Perdagangan Disperindag Dana Riawati mewakili Kadisperindag Feny Apridawati mengatakan Pasar Rakyat ini digelar untuk memperkenalkan produk UMKM Sidoarjo. Agar produk UMKM lebih dikenal, panitia juga menasang baliho UMKM Pasar Rakyat di beberapa akses masuk ke Sidoarjo. “Pasar Rakyat kita gelar menyambut Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXI yang digelar di Kabupaten Sidoarjo.” pungkasnya(kusaeri)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *