Pemkab Touna Beri Dana Hibah Pilkada ke KPU Sebesar 29 Miliar

  • Whatsapp

Ampana, Beritalima.Com – Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna (Touna ) menandatangani dana hibah pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 untuk KPU dan Bawaslu, jumat (4 /10 /2019)

Naskah perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ini ditandatangani Bupati Touna Mohamad Lahay SE MM, Ketua KPU Touna Dirwansyah Putra , Ketua Bawaslu Ibrahim Untu disaksikan Ketua DPRD Mahmud Lahay, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sovianur Kure, beserta asisten Pemkab Touna.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sovianur Kure menyampaikan, dalam ketentuan sebagaimana dimaksud penandatanganan NPHD dilaksanakan paling lambat 1 bulan sebelum tahapan pemilihan dimulai.

” Dalam peraturan KPU dan keputusan Bawaslu tahapan penyelenggaraan pemilihan sudah akan dimulai pada akhir Oktober dan awal November. Olehnya itu berdasarkan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri tidaknya pemerintah daerah Sudah menandatangani NPHD 4 Oktober 2019 ” Terangnya

” dan bagi pemerintah daerah tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana dimaksud akan diundang untuk dimintai penjelasan oleh Kementerian Dalam Negeri pada hari senin tanggal 7 Oktober 2019″Tambahnya

Sovianur Kure menambahkan, penandatanganan NPHD ini telah melalui tahapan pembahasan persamaan antara tim anggaran pemerintah daerah bersama komisioner dan sekretariat Komisi Pemilihan Umum dan badan pengawas Pemilu Kabupaten Tojo una-una dan penyusunan rincian NPHD ini telah mengacu pada standar biaya masukan yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

Berdasarkan hasil rapat bersama tersebut serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah didapatkan besaran alokasi hibah untuk pendanaan Pilkada tahun 2020 bagi Komisi Pemilihan Umum sebesar Rp.29.000.000.000, miliar dan badan pengawas Pemilu sebesar Rp. 8.700.000.000; miliar.

Ketua KPU Dirwansyah Putra mengatakan, untuk proses pencairan dana pilkada itu nantinya akan dilakukan secara bertahap.

“dana ini nantinya kita gunakan untuk melakukan kegiatan selama tahapan pilkada sampai dengan selesai” tambahnya (HW/CH)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *