Pemkot Madiun Serahkan Lima Ekor Sapi Kurban

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Perayaan Idul Adha tahun ini, Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, melalui Walikota, menyerahkan lima ekor sapi untuk kurban ke Masjid Agung Baitul Hakim, usai sholat Ied, 11 Agustus 2019.

Walikota Madiun, H. Maidi, berharap masyarakat dapat semakin mengambil hikmah berkurban. Karena menurutnya, berkurban tidak hanya hewan ternak yang disembelihkan untuk kemudian dibagikan dagingnya kepada masyarakat saat hari Raya Idul Adha.

“Makna berkurban harus tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Mulai rela berbagi, senang menolong, hingga rela mengalah demi suatu kebaikan. Semoga sifat suka memberi seperti saat berkurban seperti ini terus melekat dalam kehidupan sehari-hari,” kata H. Maidi.

Penyerahan secara simbolik, dilakukan usai pelaksanaan Salat Ied. Satu ekor sapi rencana akan disembelih di Masjid Az-Zahra komplek Balaikota Madiun. Kelima ekor sapi tersebut berjenis limosin dan memiliki berat 950 kilogram hingga 1 ton lebih. Total harganya mencapai Rp 196 juta.

Walikota menyebut, calon penerima daging kurban sudah ditentukan. Dagingnya akan dibagikan kepada sekitar tiga ribu masyarakat dari kaum dhuafa, anak yatim, stunting, hingga penyandang disabilitas.

“Masyarakat tidak perlu mengantri. Panitia akan membagikan langsung ke penerima. Pembagian melibatkan Pramuka. Sudah by name by address. Nanti akan diantarkan langsung ke penerima. Biar tetap sasaran. Jadi ndak di drop ke titik-titik tertentu,” ujarnya.

Walikota juga menginstruksikan untuk tidak menggunakan pembungkus berbahan plastik. Hal itu dilakukan untuk mengurangi sampah plastik dan agar lebih ramah lingkungan. Penggantinya, bisa menggunakan besek, daun jati, daun pisang, atau lainnya.

“Mari semarakkan Idul Adha dan tetap jaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik,” himbaunya. (Dibyo).

Ket.Foto: H. Maidi (kiri atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *