Pemkot Surabaya Beri Pendampingan Siswa Korban Dugaan Pencabulan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan perhatian penuh kepada siswa yang diduga menjadi korban pencabulan di salah satu Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dugaan kasus pencabulan ini diketahui pasca sejumlah orang tua korban melapor ke Polrestabes Surabaya pada Kamis, 16 Februari 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-P2KB), Kota Surabaya, Nanik Sukristina menyatakan, seluruh korban sudah mendapat pendampingan psikologis dari Psikolog DP3AP2KB dan Dinas Kesehatan.

“Pendampingan bagi korban dan orang tua pada proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di Polrestabes Surabaya. Pendampingan korban untuk dilakukan visum et repertum psikiatrikum di RS Bhayangkara,” kata Nanik Sukristina saat dihubungi Kamis (23/2/2023).

Selain memberikan pendampingan kepada para korban, Nanik menyebut, pemkot melalui Puskesmas juga melakukan penyuluhan dan edukasi tentang pendidikan seks kepada seluruh siswa yang bersekolah di MI tersebut.

“Kegiatan penyuluhan itu dilakukan pada tanggal 22 Februari 2023 oleh Puskesmas Gading Surabaya,” sebutnya.

Nanik juga mengungkapkan, bahwa kondisi psikologi siswa yang diduga menjadi korban pelecehan dalam kondisi stabil. Bahkan, siswa itu bisa bercerita dan tidak menarik diri dari lingkungan serta tetap bersekolah.

“Lingkungan sekolah kondusif, pembelajaran seperti biasa, tidak ada diskriminasi bagi korban, serta kepala sekolah, guru-guru dan wali murid support,” terangnya.

Meski demikian, Nanik yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya itu memastikan, bahwa pemkot akan terus melakukan pemantauan dan pendampingan kepada para korban.

“Tetap dilakukan pendampingan dan pemantauan oleh Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas dan DP3AP2KB,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait