Pemkot Surabaya Tuntaskan Pembongkaran TPS Pasar Turi

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com| Proses pembongkaran Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi dilanjutkan hari ini, Selasa (22/3/2022). Sejumlah alat berat berupa backhoe yang sebelumnya telah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai meratakan bangunan TPS yang ada di depan Pasar Turi Baru.

Bukan hanya alat berat yang dikerahkan, petugas Satpol PP Surabaya, BPBD Surabaya dan TNI/Polri juga disiagakan untuk melakukan pengamanan selama proses pembongkaran TPS Pasar Turi. Bukan itu saja, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) serta Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya juga membantu melakukan pembongkaran.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, jumlah personil yang disiagakan oleh Pemkot Surabaya untuk mengamankan proses pembongkaran hari ini ada 1.200 orang petugas. Eddy memastikan, dalam waktu sehari semua blok A, B dan C TPS Pasar Turi rata dengan tanah.

“Kami lakukan bertahap, pagi kita bongkar bagian blok A dan B, kemudian pukul 21.00 WIB kita bongkar yang blok C. Karena kan blok C itu mepet dengan jalan, agar tidak menimbulkan kemacetan, maka kita bongkar malam hari,” kata Eddy saat ditemui di lokasi TPS Pasar Turi.

Eddy menyampaikan, pengamanan bukan hanya dilakukan ketika pembongkaran saja, akan tetapi juga dilakukan pada malam sebelum pembongkaran, Senin (21/3/2022). Pengamanan itu, lanjut dia, untuk mencegah adanya oknum tidak bertanggungjawab yang ingin menjarah sisa-sisa bangunan TPS Pasar Turi. “Setelah 1.424 stan TPS Pasar Turi dikosongkan, kami masih berjaga, mengantisipasi adanya penjarahan. Jadi, kemarin malam kita lakukan pengamanan selama 24 jam,” ujarnya.

Setelah semuanya dibongkar, barang-barang bekas bangunan TPS Pasar Turi ini akan diboyong ke gudang Tanjungsari dan gudang di Kecamatan Sememi, Benowo. Karena bangunan TPS Pasar Turi adalah milik negara, selanjutkan akan dilakukan proses penghapusan yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Setelah dilakukan pembongkaran, rencananya ex-lokasi bangunan TPS Pasar Turi akan digunakan untuk akses jalan. Karena selama ini Jalan Pasar Turi bisa dibilang sempit dan tampak crowded (padat), oleh karena itu Pemkot Surabaya segera melakukan pembongkaran bangunan TPS Pasar Turi.

“Targetnya 10 hari, semoga bisa segera tuntas dan bisa dilalui oleh kendaraan. Karena nantinya jalan ini untuk mempermudah akses menuju ke Pasar Turi Baru,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait