Pemprov Jatim-Pemkab Madiun, Lakukan Gerakan Pemulihan DAS

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Kehutanan, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, menggelar kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS), di lapangan Gunung Kendil, Desa Pilangrejo Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Selasa 26 November 2019.

Dengan tema “Pulihkan Lahan, Membangun Masa Depan” Dinas Kehutanan ProvInsi Jatim dan Pemkab Madiun, bersama-sama melakukan gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai (DAS), khususnya di wilayah Kabupaten Madiun.

Dalam sambutan tertulis Bupati Madiun yang dibacakan Wakil Bupati, H. Hari Wuryanto, mengatakan, kegiatan ini dimadsudkan untuk mengembalikan fungsi lahan sesuai peruntukannya dan menjaga kesuburan serta kelestarian lingkungan.

“Dengan penanaman pohon yang produktif, akan menjadi awal membangun kesejahteraan masyarakat. Disamping itu, kegiatan ini sebagai langkah strategis dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degridasi hutan, kerusakan lingkungan dan kelestarian lingkungan serta memberikan kesadaran masyarakat pentingnya menanam dan memilihara pohon sebagai sumber kehidupan,” kata H. Hari Wuryanto.

Bupati juga berpesan kepada seluruh camat dan kepala desa beserta komponen masyarakat, untuk memperkuat kelembagaan yang peduli terhadap kelestarian ekosistem hutan. Antara lain kelompok tani hutan dan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH).

“Sehingga kelestarian ekosistem hutan dapat dirasakan masyarakat sebagai pengikat pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat yang lebih sejahtera,” tandasnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan penanaman bibit pohon secara simbolis oleh wakil bupati yang diikuti tamu undangan. Pun, Balai Pemulihan DAS Solo juga membagikan bibit pohon produktif sebanyak 5600 batang kepada peserta upacara, untuk ditanam dipekarangan rumah

Kegiatan ini juga ikuti oleh masyarakat Desa Pilangrejo, Kelompok Tani Hutan (KTH), Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), organisasi penggiat lingkungan, anggota TNI dan Polri serta pelajar. (Dibyo).

H. Hari Wuryanto (kanan atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *