Pemuda Dompu Diajak Mengenali dan Mengamalkan Empat Pilar MPR

  • Whatsapp
Jpeg

Dompu– Pemuda dan masyarakat Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) diajak untuk lebih mengenali dan memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia yang terangkum dalam empat pilar MPR RI.

Keempat pilar MPR RI tersebut yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Hal tersebut diungkapkan anggota DPR RI, H. M. Syafruddin, ST., MM., saat menyampaikan materi sosialisasi empat pilar MPR RI yang digelar di Aula Kantor Camat Hu’u Dompu NTB, Jum’at (24/03).

Menurut anggota DPR RI utusan Partai Amanat Rakyat (PAN) ini, bahwa kandungan nilai empat pilar kebangsaan dapat dijadikan landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Disamping itu, empat pilar MPR juga merupakan dasar karakter bangsa yang harus terus dipertahankan dan dijaga dalam kehidupan sehari-hari.

Katanya, melandaskan empat pilar tersebut dapat menjadi tiang penyangga yang kokoh di setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang menghantarkan kepada kesejahteraan dan keadilan sebagaimana harapan warga negara Indonesia di era reformasi dan modernisasi seperti saat ini.

“Lewat kesempatan ini saya mengajak pemuda dan masyarakat Dompu untuk memahami dan mengamalkan empat pilar ini dalam kehidupan sehari- hari,” ajaknya.

Sementara itu, Plt. Camat Hu’u, Muhtar, S.Sos, yang ditemui usai kegiatan mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut memiliki makna yang sangat mendalam bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yakni untuk menanamkan rasa cinta tanah air, memiliki wawasan kebangsaan serta untuk memperkuat potensi integrasi bangsa seperti kerukunan antar umat beragama, kerukunan antar suku, golongan dan lain sebagainya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, bahwa momentum sosialisasi tersebut dapat dijadikan sebagai pembangkit semangat dalam membangun kesadaran untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara dalam hidup berdampingan dengan rukun dan damai pada bingkai NKRI khususnya dalam bingkai keamanan, ketentraman, kenyamanan dan kedamaian.

“Kami sangat bersyukur adanya kegiatan ini,” ucapnya.

Sosialisasi empat Pilar MPR RI tersebut digelar oleh LSM Ngahi Rawi Pahu Kabupaten Dompu dengan dihadiri oleh organisasi mahasiswa seperti HMI Dompu, pengurus OSIS, pemuda, masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas. (B5-Syukur/Azwar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *