Pemuda GKS, OMK dan PT Ikut Jaga Pawai Takbir di Sumbar

  • Whatsapp
Foto Istimewa

WAIKABUBAK, NTT (beritalima.com) – Di tengah isu miring seputar toleransi umat beragama di negeri ini, masyarakat di salah satu Kabupaten di NTT masih menjunjung nilai-nilai kerukunan umat beragama yang kuat.

Pemuda – Pemudi Gereja Kristen Sumba (GKS), Orang Muda Katolik (OMK) Sumba Barat dan Pemuda Tarung (PT) Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat ikut menjaga dan turut serta dalam Pawai Takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah , Selasa (5/7/2016) malam.

Demikian siaran pers yang disampaikan Humas Setda Kabupaten Sumba Barat melalui Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur  yang diterima wartawan media ini, Rabu (6/7/2016).

Ketua Panitia Hari – Hari Besar Islam Sumba Barat Riswan Ishak mengatakan, selaam ini toleransi antar umat Kristen/Katolik dan Muslim tidak pernah ada masalah dan malah saling membantu. Suasana keakraban dan kerukunan umat beragama di kabupaten Sumba Barat sudah terjalin sejak dulu.Hal itu dikuatkan dengan ikatan emosional kekeluargaan yang kuat.

“ Kita ini dalam keseharian mempunyai ikatan emosional yang kuat karena hubungan kawin mawin, sehingga walau di daerah lain akhir – akhir ini sering terjadi konflik, di Sumba Barat tidak pernah terjadi. Kita di Sumba Barat khususnya  sulit diprovokasi dengan isu agama salah satunya ya karena kedekatan emosional kekeluargaan atau hubungan darah itu”, jelas Ridwan.

Sikap toleransi dan kerukunan seperti ini tidak hanya patut dicontohi tapi juga dapat mendatangkan harapan baru bagi banya daerah di negeri ini agar toleransi antar umat beragama itu dapat terwujud dan setiap umat beragama dapat bergandengan tangan berjalan dalam kebersamaan dan persatuan meskipun memiliki keyakinan yang berbeda.

Pawai Takbir keliling yang rutin di laksanakan tiap tahun menyambut Hari Raya Idul Fitri ini dilepas oleh Dandim 1613 Kabupaten Sumba Barat, Letkol Inf. Fifin Zudi Safudin, S.Pd dan Kapolres Sumba Barat, AKBP Muhammad Erwin dan diikuti peserta pawai dari umat Islam Sumba Barat dan group pengajian anak – anak masjid yang berada di Kota Waikabubak. (Ang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *