Pemudik Kendaraan Listrik Dapat Jaminan Pasokan Listrik

  • Whatsapp
Foto: Dok. Kemenko Marves Keterangan Foto: Menko Marves Luhut Panjaitan saat membuka salah satu SPKLU

Jakarta, beritalimacom | Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan (mobil) listrik, khusus di Jawa dan sebagian Sumatera, dijamin keamanan pasokan listriknya selama perjalanan.

“Pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait sudah melakukan perhitungan dengan cermat dan seksama untuk memastikan kesiapan dan kecukupan daya SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) untuk kebutuhan mudik dengan kendaraan listrik roda empat,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin kepada media baru-baru ini.

Bacaan Lainnya

Rachmat mengatakan, PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan mitra telah menambah sekitar 175 SPKLU di rest area sepanjang tol trans Jawa dan Sumatera. Kini total SPKLU ada 239 di area tersebut. Selain itu, PLN telah menyiapkan tiga SPKLU mobile yang siap melayani pengguna KLBB roda empat di jalur mudik utama apabila kondisi darurat.

“Oleh karena itu pesan kami kepada masyarakat pengguna kendaraan listrik roda empat apapun brand-nya jangan ragu untuk mudik dengan kendaraan listrk, Insya Allah kami pastikan aman dan nyaman,” tambahnya.

Pulau Jawa menjadi fokus area penambahan SPLKU. Karena, dalam tiga tahun terakhir, sekitar 92 persen dari kenaikan penjualan kendaraan listrik roda empat berpusat di Jawa. Penjualan kendaraan listrik roda empat melonjak sebesar 10 kali lipat dari 2021. Angka penjualan naik dari 1,278 unit pada 2021 hingga 12.248 di 2023.

Pemerintah melalui Kemenko Marves dan stakeholder (PLN, Kementerian ESDM, Jasa Marga), sudah menyiapkan berbagai kemudahan untuk melayani pengguna kendaraan listrik saat libur lebaran. Termasuk teknisi yang stanby 24 jam di sejumlah titik.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait