Penasehat KPK Puji Kepatuhan LHKPN Pejabat Kabupaten Situbondo Capai 100 Persen

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapreasi kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pejabat Pemerintah Daerah Situbondo yang mencapai 100 persen. Kamis (18/07/2019).

Hal tersebut disampaikan oleh penasehat KPK Budi Santoso saat menggelar konferensi pers, jelang Roadshow KPK RI dengan tajuk ‘Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi.

“Data terupdate yang saya terima kepatuhan LHKPN untuk Pejabat Pemda kabupaten Situbondo, sudah 65 pejabat yang sudah menyelesaikan pelaporannya dari 65 orang yang wajib lapor artinya tingkat kepatuhannya 100%, kami apresiasi untuk Situbondo,”Puji Budi Santoso.

Sedangkan untuk anggota DPRD Kabupaten Situbondo, dari 45 anggota perwakilan rakyat, 41 orang menyelesaikan LHKPN,’ kepatuhan anggota DPRD kabupaten Situbondo 91.4% masih ada 4 orang yang belum melaporkan,”Bebernya.

Budi santoso juga memaparkan Situbondo adalah kota kedelapan yang disambangi KPK dalam acara Roadshow Bus KPK, dari 17 kabupaten dan kota se Jatim yang akan dikunjungi Bus roadshow KPK,”Pertama kedatangan kami (KPK -red) Ingin mendekatkan. Diri dengan semua stake holder, tingginya angka korupsi memaksa KPK mengajak semua elemen bangsa berpartisipasi dalam pencegahan korupsi,”Ucapnya.

Selama ini menurut Budi, yang dikenal masyarakat luas KPK selalu melakukan penindakan terhadap korupsi seperti OTT dan lainnya, padahal tugas pokok KPK yang tak kalah pentingnya adalah Pantauan, Pencegahan, Koordinasi dan supervisi sementara penindakan merupakan langkah terakhir.

“Korupsi memang menjadi momok besar untuk semua Negara maju dan negara berkembang, korupsi agaknya sulit untuk dihilangkan. pemberantasan dengan penindakan tak cukup untuk memberantas. Dibutuhkan juga pencegahan untuk menekan korupsi semakin meningkat,”Tandas Budi.

Roadshow Bus KPK rencananya akan berada di kabupaten Situbondo selama 4 hari sejak tanggal 18 juli – 21 Juli 2019, dimana selama 3 selanjutnya kegiatan tim KPK akan menggelar sosialisasi anti korupsi dengan mengedukasi siswa siswi mulai tingkat TK/RA, SD/MTS sampai SMA, Sosialisasi Desiminasi Pendidikan Anti Korupsi untuk Guru, sosialisasi aplikasi JAGA, pembekalan /sosialisasi Anti Korupsi dan sistem integritas Partai politik untuk Caleg terpilih dan anggota DPRD kabupaten Situbondo. (joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *