Pendidikan Soal Manfaat Air Juga Penting Bagi Generasi Muda

  • Whatsapp
Foto : Abriyanto

AiJakarta, beritalimacom| Generasi muda ikut memiliki andil besar dalam menjaga keberlangsungan sumber daya air. Hal ini diutarakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta (2/5), kaitannya dengan Hari Pendidikan Nasional.

Air merupakan sumber kehidupan utama manusia sehingga kualitasnya harus tetap dijaga sehingga edukasi air sejak dini penting dilakukan. Edukasi air meliputi pengelolaan air secara berkelanjutan terutama dalam menghadapi perubahan iklim.

Pengelolaan sumber daya air berkelanjutan, lanjut Basuki, sejalan dengan tema World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 18–25 Mei 2024. “Kegiatan ini merupakan forum lintas batas keairan terbesar di dunia,” tambahnya.

Sementara, Duta Komunikasi World Water Forum ke-10 Cinta Laura menuturkan generasi muda dapat berkontribusi secara nyata dalam menjaga ketahanan sumber daya air dari hal paling sederhana, misalnya dengan bijak memanfaatkan air dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu generasi muda bisa memanfaatkan berbagai saluran komunikasi dan teknologi untuk menyebarkan pesan tentang konservasi air bersih, sanitasi, dan mitigasi bencana.

Ada sejumlah program untuk sesi pemuda terangkum dalam Bali Youth Plan, seperti kampanye #ShareWaterStories, Youth Podcast: Water Talk, Young Water Sustainability Leaders (YWSL) 2024, Youth Book, dan Final Youth Activities.

Jurnalis: Abriyanto

Foto: abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait