Pengguna UHC Meningkat, Pemkab Gresik Terus Lakukan Evaluasi Demi Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan

  • Whatsapp
Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah sambutan di acara pemantapan program UHC di puskesmas Benjeng.(*)

GRESIK,beritalima.com-Peningkatan pemanfaat program _Universal Health Coverage_ (UHC), tidak membuat Pemerintah Kabupaten Gresik berhenti melakukan evaluasi. Hal ini tersirat dalam kegiatan pemantapan program UHC dan peningkatan mutu kualitas pelayanan dasar, yang di gelar di Kecamatan Benjeng, Kamis (16/02).

Wakil Bupati perempuan pertama di Kabupaten Gresik, ini juga mengingatkan pentingnya sosialisasi terkait UHC kepada masyarakat. Dirinya mewanti-wanti jangan sampai muncul anggapan di masyarakat, bahwa adanya UHC justru mempersulit pelayanan kesehatan.

Dalam kegiatan yang diikuti para tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Metatu dan Puskesmas Benjeng, wabup menegaskan pentingnya Nakes untuk turun ke masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Hal ini menurut wabup sudah dilakukan oleh dua Puskesmas di Kecamatan Benjeng, lewat berbagai inovasi yang telah dilakukan.

“Semua inovasi yang telah ditunjukkam tadi ini sangat luar biasa, tinggal pelaksanaannya saja yang saya titip pesan untuk terus berkelanjutan. Jadi semuanya benar-benar dilaksanakan untuk masyarakat,” tegas wabup.

Beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Puskesmas Benjeng dan Puskesmas Metatu meliputi banyak hal. Mulai dari kunjungan _homecare_ , konsultasi kesehatan via _whatsapp_ , perawatan penderita diabetes, screening TBC, hingga jemput bola masalah stunting di sekolah-sekolah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Mukhibatul Khusnah melaporkan bahwa di wilayah Benjeng mengalami peningkatan kepesertaan. Dari 27 ribu kepesertaan menjadi ke 31 ribu kepesertaan.

“Sehingga pelayanan baik _homecare_ maupun pelayanan di Puskesmas, baik di Benjeng maupun Metatu terus ditingkatkan mutunya. Sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran dan manfaat Puskesmas di wilayah Benjeng,” terang dr. Khusnah.

Kegiatan pemantapan program UHC dan peningkatan mutu kualitas pelayanan dasar ini dihadiri pula oleh Camat Benjeng Siti Sulikah dan Muspika Kecamatan Benjeng. Hadir pula Kepala Puskesmas Metatu dr. Rosaria Asna Yunani bersama Kepala Puskesmas Benjeng drg. Novi Yuliawati.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait