Penyemaian Padi di Desa Jeblog Hari ini Siap Tanam

  • Whatsapp

Blitar, beritalima.com   Musim penghujan telah tiba, musim yang penuh berkah bagi petani  selalu diharapkan kehadirannya,  dimana musim itu adalah musim yang membawa  rejeki  tersendiri  baginya.   Memasuki   musim   tanam  Okmar (Oktober Maret), maka petani bersama TNI secara serentak melaksanakan penanaman padi. Sabtu (29/10/16)

        Sedangkan lokasi dalam penanaman adalah di daerah Desa Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, ada kurang lebih sekitar  20 Ha,  lahan sawah yang dipersiapkan untuk ditanami padi bareng-bareng bersama TNI dan warga.

Tak ada keraguan sama sekali para prajurit dan masyarakat saat dirinya harus bergelut dengan lumpur untuk menanam padi.  Dengan Do’a yang diharapkan setiap warga semoga padi yang kita tanam hari ini membawa barokah dan berkah pada kehidupannya, serta dijauhkan dari hama yang mengancamnya.

        Danramil 0808/16 Talun, Kapten Kav Agus Siswanto  bersama Babinsa juga turut hadir  langsung nyebur  ke lumpur untuk berbaur karo dulur–dulur (Kerabat) guna  memberikan pendampingan dan semangat pada warga dalam hal olah tanam padi saat ini, disamping itu juga program pemerintah yang menggembar – gemborkan program ketahanan pangan harus berhasil, maka berkaitan dengan program tersebut  perintah langsung dari Komando atas, agar segera melaksanakan penanaman padi secara serentak diwilayah masing – masing,  diharapkan nanti pada bulan Maret akan mendapatkan hasil panen juga secara serentak.

         Pada pola penanaman padi kali ini menggunakan pola tanam jajar legowo dimana pola tanam seperti ini akan menghasilkan hasil yang lebih menjanjikan daripada menggunakan pola tanam sebelumnya. Kelompok tani Mandiri Desa Jeblog yang diketuai Afendi dengan semboyannya yaitu “Hidup Rukun Membawa Damai”,  itulah mungkin salah satu kiasan yang diterapkan pada kemlompok taninya, sehingga setiap ada masalah yang berkaitan dengan hal pertanian di daerahnya, akan selalu dipikirkan bersama-sama untuk mendapatkan jalan keluar sehingga kata mufakat akan didapat secara sependapat.

          Ditempat terpisah Komandan Kodim 0808 Blitar  Letkol Arh. Surya Dani,SH  ketika berada di lokasi penanaman padi secara serentak juga tak kalah semangatnya ia langsung turun ke sawah dan menanam padi bersama-sama warga sekitar yang didampingi Danramil 0808/12 Kapten Inf. Sukardi, dengan penuh kepastian Dandim mengharapkan agar para petani yang menanam padi kali ini nanti dapat memanen hasilnya dengan maksimal, tanpa ada hama yang akan menyerang tanamannya. (Her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *