Perguruan Pencak Silat di Jember, Adakan Lomba Tartil Al-Quran

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Jember mengadakan lomba Tilawatil Quran.

“Selain pencak silat, kita juga memperbaiki ahlak bangsa dan negara. Dimana generasi muda adalah tanggung jawab bersama,” kata Ketua Panitia Tilawatil Quran, Ma’ruf ditemui wartawan dilokasi, Sabtu (17/4/2021).

Bacaan Lainnya

Dirinya menyebut, ada berbagai kategori perlombaan, diantaranya Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Juzz 30 tingkat Sekolah PAUD dan SD, Juzz 1 tingkat SMP, Tartil Quran tingkat SD dan SMP serta lomba Adzan tingkat SD.

“Sedangkan untuk peserta totalnya sekitar 560an,” sebutnya, di Padepokan PSHT Cabang Jember.

Tujuan ini, menurut Ma’ruf membina budi luhur. Memberikan pendidikan karakter oleh PSHT kepada masyarakat. “Ini bentuk pengabdian PSHT Cabang Jember kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, perlombaan Tilawatil Quran ini tidak pernah ada di perguruan pencak silat lain. Dan ini, direncanakan dilakukan setiap tahun di bulan ramadan.

“Karena ini untuk syiar, maka format dan lomba untuk umum, tidak hanya dari PSHT. Warga jember boleh ikut lomba ini, dengan ketentuan dan syarat yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Sementara, Ketua Cabang PSHT Jember Jono Wasinuddin menyampaikan, PSHT Cabang Jember ingin memperkenalkan pada masyarakat, menyiapkan generasi penerus bangsa.

“Kalau di pendekar sudah jelas, wataknya punya nilai-nilai budaya bangsa,” tuturnya.

Kedepan, Jono mengatakan, nilai budaya bangsa penghafal Quran yang diharapkan. Dari 18 ribu anggota PSHT Jember, seperti ini yang diharapkan.

“Disini banyak yang memiliki potensi, ada 10 Hafidz Quran, diantaranya dari Yasinat Wuluhan, Ibnu Katsir dan sebagainya,” bebernya.

Kalau di pencak silat, Jono menegaskan pertandingan sudah biasa. Namun, PSHT Jember kini memiliki pemikiran yang sudah melebar ke hal lain.

“Kita mengenalkan kepada masyarakat, bahwa PSHT Jember seperti ini,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait