Peringatan Hardiknas di Kecamatan Garung Diisi dengan Literasi

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasionas (Hardiknas. red) di kecamatan Garung kabupaten Wonosobo tahun 2019 pada Rabu (2/5) dilaksanakan di halaman SDN 1 Garung berjalan dengan penuh kemeriahan.Terlihat serangkaian acara dilaksanakan dan diikuti para siswa PAUD, TK, SD dan SMP sekecamatan, tak lupa Forkompinca, PGRI, KKKS kcamatan Garung serta para wali siswa.

Menurut Koordinator Wilayah (Korwil) bidang pendidikan kecamatan Garung, Ahmad Sarjita, S.Pd., M.MPd, peringatan Hardiknas di wilayah kerjanya pada tahun ini dilaksanakan berbeda dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya sebelumnya hanya pentas seni dan upacara namun pada tahun ini ada kegiatan literasi.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini kita perlihatkan kepada masyarakat bahwa layanan pendidikan kita mutunya meningkat. Ini menunjukkan bahwa kegiatan dan aktifitas di sekolah berjalan dengan baik.” Kata Pak Jita panggilan akrabnya.

Dengan adanya literasi, lanjutnya, akan memungkinkan anak menggali ide-ide kreatif untuk menemulan, mengolah dan menyampaikan informasi yang dibutukan oleh para siswa.

Sementara itu, Camat Garung melalui Korwil bidang Pendidikan berpesan agar pada acara tersebut harus diadakan festival tradisional bagi anak-anak PAUD. Pasalnya dengan kegiatan ini nilai keberanian, kejujuran, strategi, percaya diri dapat berkembang melalui permainan tradisional.

Ahmad Sarjita juga menyebutkan berbagai prestasi yang telah diraih oleh kecamatan Garung dalam bidang pendidikan diantaranya 5 (lima) cabang di tingkat kabupaten Wonosobo yang diraih oleh pendidik yaitu 2 kepala sekolah berprestasi, juara ketiga guru SD berprestasi, juara kedua kepala TK berprestasidan juara pertama guru TK berprestasi dan juara kedua lomba kreatifitas guru TK.

“Sedangkan untuk siswa tingkat SD juara pertama atletik cabang tolak peluru, juara ketiga tenis meja dan pada hari ini kita meloloskan 1 orang pendidik dan 1 siswa untuk dikirim ke tingkat provinsi pada bulan Juni dan di tingkat SMP kita kirim atlet atletik lari 100 m ke tingkat provinsi juga.” Tutur Korwil ini.

Disebutkan pihaknya sudah melakukan identifikasi pada awal tahun 2019 terkait kebutuhan yang harus dilakukan lembaga pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan.

“Kita akan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk melayani anak-anak seperti memberi program pengembangan keprofesian berkelanjutan melaluk KKG, KKKS, KKG Mapel dan MKKS. Sementara dari sisi siswa dilakukan dengan pembiasaan, pengembangan karakter, dan pencapaian kompetensi.” Ujarnya.

Sementara ketua panitia kegiatan tahunan menuturkan ada beberapa agenda dalam rangka Hardiknas pada hari ini, salah satunya diadakan kegiatan one day one thousand one touch yang digelar di SDN 1 Garung.

“Tiap tahun pihaknya menyelenggarakan kegiatan akademik maupun non akademik guna menggali potensi bakat dan minat anakyang diikuti dari tingkat TK, SD, dan SMP secara sendiri dengan waktu yang bersamaan. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan aman.” Punkas Slamet Santo S.Pd.

Pada peringatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada siswa dan pendidik berprestasi tahun 2019 yang meraih kejuaraan dibeberapa perlombaan. Juga diadakan sarasehan pendidikan dan pengukuhan forum komite sekolah tingkat kecamatan yang sebelumnya belum ada.

“Keberadaan forum ini nantinya dapat membantu pemerintah khususnya lembaga pendidikan dalam hal kontrol mutu, partisipasi dalam pendidikandan menuntaskan anak tidak sekolah.” Sambung Ahmad Sarjita. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *