Peringati Hardiknas, Pemkab Madiun Gelar Upacara

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemkab Madiun, Jawa Timur, menggelar upacara di halaman Pendopo Ronggo Djoemeno, Puspem Kabupaten Madiun di Caruban, Kamis 2 Mei 2019.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pendidikan yang dibacakan Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, antara lain mengatakan, Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, yang merupakan Pahlawan Nasional sekaligus dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

“Mudah-mudahan Tuhan yang maha pengasih memberi kedudukan yang mulia kepada beliau dan para pahlawan, khususnya para pejuang pendidikan yang telah mendahului kita, amin,” kata H. Ahmad Dawami.

Terkait demokrasi, lanjutnya, terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 13 menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara demokratis yang bertanggung jawab.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini adalah mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya,” ungkapnya.

“Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 kemudian diambil kalimat “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan”. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan kebudayaan guna membingkai sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang maju,” lanjutnya.

Saat ini, paparnya, peserta didik didominasi generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat.

Dalam upacara ini, bupati juga menyerahkan tropi penghargaan juara Olympiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Kabupaten Madiun dan Juara Olimpiade MIPA serta Olahraga Tingkat SD.

Hadir dalam upacara tersebut diantaranya Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, Sekda Tontro Pahlawanto, Muspika Kecamatan Mejayan, Pimpinan OPD, Camat dan Ketua TP PKK. (Dibyo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *