Peringati Hari Bumi DPUPR Kota Kediri Bersama Aktivis Lingkungan Membersihkan Area Sungai Brantas

  • Whatsapp

Kediri,Berita Lima.Com – Hari Bumi atau Earth Day menjadi salah satu momen penting yang diperingati setiap tanggal 22 April. Momen tersebut merupakan hari peringatan tentang bumi mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran/ kepedulian terhadap lingkungan.Hari bumi yang dirayakan secara internasional ini bukan hanya sekadar perayaan. Namun, juga diharapkan dapat mengajak masyarakat bersama dinas maupun aktivis untuk lebih meningkatkan kesadaran menjaga bumi ini ada banyak hal yang harus dilakukan setiap harinya.

Pada Tahun 2024 Momen Hari Bumi Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) kota Kediri mengandeng Porkopimda,OPD terkait kota kediri,aktivis lingkungan,organisasi Masyarakat,pelajar dan mahasiswa mengelar kerja bhakti membersihkan area koridor sungai Brantas sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan,sebelum kegiatan dilaksanakan di adakan Apel terlebih dahulu.

Selain kegiatan kerja bhakti juga menyelenggarakan Aksi Penghijauan dengan penanaman bibit tanaman dibeberapa titik untuk mengurangi pemanasan global,dan menebar bibit ikan disungai brantas. Kegiatan ini diselenggarakan pada sabtu (27/4/2024).

Kepala DPUPR kota Kediri Endang Kartikasari mengatakan,Peringatan Hari bumi merupakan Program dari pemerintah kota Kediri dengan leading sektor DPUPR kota Kediri berkolaborasi dengan Porkopimda,OPD terkait,aktivis lingkungan,ormas,pelajar dan mahasiswa di kota Kediri.

“ Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan terutama dalam menyikapi berbagai problem kerusakan bumi yang terkadang datang dari manusia dan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab,dan untuk meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan rasa mencintai,merawat,dan melestarikan bumi untuk diwariskan ke anak cucu” jelasnya.

Endang menambahkan,bahwa aksi nyata yang bisa dilakukan dalam menghadapi perubahan iklim salah satunya adalah penanaman pohon.karena hal tersebut adalah yang paling mudah, terutama penanaman tanaman lokal yang dapat berkontribusi dalam konservasi tanah maupun fauna,selain mengadakan penghijauan juga menebar bibit ikan di sungai brantas,agar habitat ikan disungai brantas tetap lestari.“Dalam momentum ini kami juga ingin mengajak seluruh masyarakat kota kediri agar selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan Lingkungan yang sehat,”Harapnya(jar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait