Perjuangan HMS,Moyo Satonda Menjadi Taman Nasional Terletak di Pulau Sumbawa

  • Whatsapp

BIMA NTB. beritalima.com|
Taman nasional di Indonesia bertambah 1 yang terbaru adalah Taman Nasional Moyo Satonda dengan potensi wisatanya yang memukau. Dalam Instagram Balai Taman Nasional Gunung Tambora, Sabtu (27/8/2022) dikatakan Moyo Satonda ditetapkan sebagai taman nasional berdasarkan SK MenLHK No.901/MENLHK/SETJEN/PLA.2/8/2022 tanggal 16 Agustus 2022. Berarti taman nasional bertambah satu menjadi 55 taman nasional. Hal ini tak lepas dari perjuangan anggota DPR RI Dapil NTB lebih khusus dapil NTB 1 H.Muhammad Syafrudin ST MM.

Adapun potensi dimiliki pulau Moyo Satonda yakni memiliki Snorkeling Terbaik dari NTB, air terjun dan sungai Matajitu yang airnya berwarna hijau toska di Pulau Moyo. Air terjun Matajitu menjadi tujuan banyak pesohor dunia, Lady Di, Maria Sarapova dan Mick Jagger.

HMS mengungkapkan Taman Nasional Moyo Satonda yang berada di Nusa Tenggara Barat ini memang menawan, keindahan bawah laut yang sangat indah dan daratannya yang menakjubkan. Ikan menari bersama penyu juga dengan mudah ditemui di sebelah barat dermaga. Manta bercengkrama dengan pasangannya tampak di dasar perairan ujung barat Pulau Satonda. Danau Vulkanik dengan hidupan purba di Pulau Satonda, terbentuk dari letusan yang membentuk simbol love. Sungguh perpaduan surga yang menghampar di Indonesia,” jelasnya.

“Selain itu juga hutan musim sekunder di wilayah ini menyajikan keindahan hayati, burung gosong, burung makatua kecil jambul kuning, rusa timor, beo nusa tenggara, rusa, elang dan piton juga menjadi penghuni alam ini. Waah lengkap banget ya pesona taman nasional baru ini. Saat ini Taman Nasional Moyo Satonda yang masuk dalam delineasi Cagar Biosfer Saleh Moyo Tambora ini berada di bawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat (NTB),” ungkap Kandidat Doktor Kampus Brawijaya ini.

“Tentang Pulau Satonda
Pulau Satonda merupakan salah satu pulau yang ada di Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di perairan wilayah Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu,” tambah HMS.

Adapun yang membuat pulau seluas 2.600 hektar ini yaitu danau yang ada di tengah-tengah pulau. Danau Satonda namanya yang memiliki luas 33 hektar dan kedalaman hingga 83 meter.

Sejatinya, Pulau Satonda merupakan pulau Vulkanik yang letaknya 30 Km dari Gunung Tambora. Menurut sejarah, Danau Satonda terbentuk akibat letusan gunung purba dahluunya yang meninggalkan jejak menjadi Pulau Satonda ini.

Dulunya, air Satonda adalah air tawar. Namun karena ada tsunami tahun 1815, air laut pun terperangkap di dalam danau dan hingga sekarang danau berair asin yang kandungan garamnya tinggi.

Untuk bisa menjangkau pulau cantik ini, kamu harus menyeberang dengan kapal dengan durasi sekitar satu jam dari Pelabuhan Nangamiro.

Pantai yang cantik, laut yang jernih, terumbu karang yang eksotis ditambah dengan pemandangan hijau yang mengelilinginya, tidak salahnya kita memanggil Pulau Satonda dengan ‘surga kecil’ dari NTB.

“Dirinya merasa bersyukur Pulau Moyo Satonda ditetapkan sebagai Taman Nasional Ke 55 di Indonesia. Semoga kedepan, ada lagi Taman Nasional yang ada di Pulau Sumbawa,” harapnya.(Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait