beritalima.com

Permudah Masyarakat, Polres Trenggalek ‘Launching’ Aplikasi Layanan Baru Berbasis Android

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com
Demi mempermudah masyarakat dalam kepengurusan berbagai keperluan yang berkaitan dengan layanan kepolisian, Polres Trenggalek luncurkan beberapa inovasi. Sejumlah program layanan publik baru diluncurkan jajaran Korp Bhayangkara tersebut guna mewujudkan pelayanan prima Kepolisian.


Sebagaimana hari ini, Polres Trenggalek melakukan launching aplikasi layanan terintegrasi berbasis android yakni ‘Trenggalek Mantap’. Dihadiri unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Tokoh agama dan elemen masyarakat Trenggalek, peresmian aplikasi ini dilakukan oleh Kapolda Jatim yang diwakili oleh Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol. Haris Aksara di Hotel Bukit Ja’as Permai, Selasa, (27/10/2020).

beritalima.com


Diwawancara rekan media usai ceremonial launching, Kombes Pol. Haris Aksara menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran Polres Trenggalek atas kerja keras serta dedikasi mereka dalam meningkatkan mutu pelayanan publik.
“Kita semua berharap aplikasi Trenggalek Mantap ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas dan nantinya bisa menjadi pilot project bagi wilayah lain,” sebutnya.


Mendukung itu, Pjs. Bupati Trenggalek pun turut menyampaikan ucapan terima kasihnya atas inisiasi, inovasi dan ide kreatif Polres Trenggalek melalui aplikasi Trenggalek Mantap ini. Ketika memasuki era Revolusi Industri 4.0, semua dituntut untuk mau berubah disesuaikan dengan perkembangan jaman. 
“Menyikapi perubahan tersebut, seluruh otoritas pengampu kepentingan harus mampu beradaptasi agar bisa menyesuaikan dengan situasi yang bergerak sangat dinamis,” tambah dia.

Sementara, AKBP Doni Satria Sembiring yang sekaligus sebagai inisiator aplikasi ‘Trenggalek Mantap’ menerangkan jika aplikasi tersebut merupakan akronim dari Melayani, Terpercaya, Profesional. 
Didalam aplikasi itu terdapat berbagai fitur unggulan yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan Kepolisian sesuai SOP (standar operasional prosedur).

beritalima.com


“Didalam aplikasi juga bisa di lihat seberapa cepat respon petugas ketika menangani setiap aduan dari masyarakat. Jadi penilaian terhadap kinerja rekan-rekan anggota Polres Trenggalek akan lebih obyektif,” tandas Kapolres.


Perlu diketahui, di dalam aplikasi ‘Trenggalek Mantap’ terdapat beberapa menu utama yang bisa dipilih sesuai keperluan, diantaranya, Laporan atau pengaduan, Layanan kampung tangguh semeru yang terdiri dari peta covid dan KTS, info cuaca yang terintegrasi dengan BMKG, panic button untuk situasi darurat yang membutuhakn pertolongan baik Kepolisian, rumah sakit, Damkar, SAR maupun Polair.


Selain itu, ada juga fitur layanan masyarakat dan informasi yang terdiri dari layanan Covid-19, SP2HP ( Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan_pen) untuk Laka Lantas, Reskrim dan Reskoba, besuk on line, berbagai informasi, berita-berita terkini dan juga fitur Menak Sopal (Membayar enak Secara Online Praktis Elektronik). (her)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait