Personil Koramil 0825/01 Banyuwangi Bahu Membahu Bersihkan Reruntuhan Rumah Warga

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Personel Koramil 0825/01 Banyuwangi bersama Warga Lingkungan Wonosari Rt.02 Rw.01 Kelurahan Sobo Banyuwangi saling bahu membahu melaksanakan pembersihan puing-puing bekas reruntuhan rumah yang roboh milik ibu Jaimi umur 73 Tahun yang roboh akibat pondasi yang sudah rapuh dimakan usia. Rabu (14/03/18)

Sebelum kejadian rumah roboh yang menimpa rumah ibu Jaimi yang terletak di Lingkungan Wonosari Rt.02 Rw.01 Kelurahan Sobo Banyuwangi tersebut bahwa pada selasa malam tanggal 13 Maret 2018 sekitar pukul 17. 00 WIB hingga pukul 21.28 WIB telah terjadi banjir akibat luapan sungai Bagong dengan ketinggian sekitar 50 cm di wilayah Rt 02 Rw. 01 Lingkungan Wonosari Kelurahan Sobo Kecamatan Banyuwangi yang mengakibatkan setidaknya menggenangi rumah sekitar 25 KK terendam banjir.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Banyuwangi dengan Intensitas terus menerus sehingga menyebabkan aliran sungai Bagong naik sehingga mengakibatkan banjir setinggi 50 cm dan menggenangi rumah warga 25 KK di wilayah RT 02 RW 01 Lingkungan Wonosari Kelurahan Sobo Kecamatan Banyuwangi, namun meski dengan kondisi yang demikian, warga tetap bertahan di rumah masing masing sambil menjaga barang yang berharga dan sekitar Pukul 22.30 Wib banjir luapan sungai Bagong mulai berangsur surut terakhir sekitar 25 cm.

Meski banjir sudah surut, namun pada hari Rabu sekitar pukul.08.45 WIB telah terjadi rumah roboh rata dengan tanah milik ibu Jaimi, saat kejadian ibu Jaimi masih berada didalam rumah, ibu Jaimi mendengar suara seperti atap rumahnya mau roboh, mendengar suara tersebut ibu Jaimi langsung keluar dari rumah dan tidak ada 1 menit rumah tersebut roboh rata dengan tanah. Meski kejadian rumah roboh tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugiaan materiil yang dialami oleh ibu Jaimi diperkirakan mencapai sekitar 7 juta rupiah.

Kejadian rumah ibu Jaimi yang roboh tersebut langsung ditangani oleh Personel Koramil 0825/01 Banyuwangi dipimpin oleh Peltu Khusnul Abdul Hakim Bati Tuud Koramil 0825/01 Banyuwangi dan anggota bersama warga untuk melaksanakan korve kerja bakti pembersihan puing-puing dan memindahkan barang yang masih bisa digunakan dan saling bergotong royong.

Menurut Kapten Arh Surahman Danramil 0825/01 Banyuwangi mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto mengatakan,” Kegiatan Kerja bakti ini dilaksanakan guna membantu meringankan beban warga masyarakat yang tertimpa musibah dengan cara pembersihan puing-puing rumah warga yang roboh kami kerahkan Babinsa dan anggota Koramil bersama warga sekitar, dan ini adalah salah satu peran Koramil dalam menjalankan tugasnya untuk membantu pemerintah daerah sesuai UU No.34 tahun 2004”ungkapnya.

Selain itu Kapten Arh Surahman Danramil 0825/01 Banyuwangi menambahkan,” kegiatan kerja bakti ini juga merupakan implementasi dari keberadaan TNI bersama masyarakat dalam mengatasi kesulitan yang ada di wilayah,khususnya keberadaan Babinsa dapat di rasakan oleh masyarakat, sehingga masyarakat merasa nyaman dengan hadirnya TNI dalam mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya, imbuhnya.

Sementara itu upaya Babinsa Kelurahan Sobo Serda Untung bersama unsur Tiga Pilar Kelurahan Sobo guna mengurangi beban kesulitan warganya yang mengalami musibah segera mengambil langkah-langkan untuk membantu kesulitan ibu Jaimi agar rumah yang roboh tersebut bisa didirikan kembali dengan upaya swadaya masyarakat serta uluran tangan dari para Dermawan, sedangkan untuk saat ini ibu Jaimi untuk sementara waktu menumpang dirumah warga sekitar, sementara Bantuan dari pihak BPBD Kabupaten Banyuwangi sudah tersalurkan dengan pemberian bantuan berupa beras, mie instan serta tikar sudah diterima oleh ibu Jaimi dan bapak Hanipan 83 Tahun. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *