Personil Polres Banyuwangi Kembali Jalani Tes Urine

  • Whatsapp

BANYUWANGI beritalima.com – Aparat kepolisian benar-benar serius dalam memerangi narkoba. Tidak hanya tajam ke masyarakat. Terhadap lingkungan Korps Bhayangkara juga tegas dilakukan. Buktinya, di awal Februari 2017 aparat Polres Banyuwangi kembali menggelar tes urine yang menyasar kalangan internal.

Padahal pada 5 Januari 2017 lalu, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan. Genap satu bulan pemeriksaan air seni kembali dijalankan untuk mencari tahu apakah ada di kalangan personil aktif maupun pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Polres Banyuwangi yang main-main dengan narkoba.

Tak hanya anggota biasa saja yang menjalani pemeriksaan. Para perwira turut pula mengantri di depan kamar mandi Masjid Raudhotul Jannah Mapolres Banyuwangi untuk memasukkan urine ke dalam kotak yang telah disediakan tim pemeriksa. Dijelaskan AKP Bakin, sejumlah pejabat utama juga terlihat dalam antrian, Senin (6/2/2017).

“Bukan cuma personil yang bertugas di polres. Anggota polsek juga wajib ikut pemeriksaan air seni. Kita ingin memastikan bahwa anggota dan PNS Polri bersih dari narkotika,” tegas Kasubaghumas Polres Banyuwangi.

Mantan Kapolsek Siliragung ini mengungkapkan, pemeriksaan urine secara berkala di kalangan internal kepolisian merupakan tindaklanjut dari intruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang meminta seluruh anggota polisi tidak terlibat dengan narkoba. Apabila terbukti sanksi pemecatan bisa dilakukan.

“Memakai saja tidak boleh apalagi menjadi pengedar atau bandar. Wah itu jelas melanggar dan patut diberi sanksi karena mencoreng institusi kepolisian,” tegasnya.

Narkoba tidak hanya merusak penggunanya. Lingkungan di sekitar tinggalnya juga resah dan turut menjadi korban. Umumnya pemakai narkotika akan meningkatkan perannya sebagai pengedar dan bandar. Malah orang – orang dekatnya bisa dibujuk untuk ikut mengkonsumsi napza.

“Polisi adalah penegak hukum dan menjadi contoh di masyarakat khususnya di bidang tertib aturan. Lha kalu orang yang dicontoh menyimpang terus warga itu harus meniru siapa,” jelas AKP Bakin.

Makanya secara intensif internal Kepolisian Resort Banyuwangi menggelar tes urine. Selain membentengi para personil dari bahaya narkoba, juga memagari kalangan terdekatnya dari pengaruh zat perusak mental serta karir.(abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *