Perut Buncit Apa Sebabnya ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Di suatu pagi Pak Emong lagi berbincang bincang dengan Pak Saleh sehabis olahraga jalan pagi dengan didampingi segelas kopi dan makanan ringan, Pak Emong berbicara bahwa perut buncit terlihat setelah berusia 6o th dan sudah sulit dikecilkan,Pak Saleh bilang temannya bernama Pak Syamsul perut jadi besar,kaki bengkak karena sakit Cirrhosis hepartitis yang lama ,perut berisi air dan sedang dalam perzwatan
Yang akan kita bahas a1dalah perut buncit karena hal yang sehat yang kita sebut subur.maka perut buncit itu kelihatan subur gagah dan wibawa, kata orang pinjam uang ke bankpun lebih gampang.

Berbagai hal dapat menyebabkan perut kita menjadi buncit, dari bagaimana cara kita makan, perubahan hormon hingga kebiasaan yang tidak kita sadari dapat membuat perut buncit jika dilakukan terus menerus.
Perut buncit seringkali menjadi sesuatu yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Namun bukan hanya mempengaruhi penampilan saja, dengan adanya penumpukan lemak di perut tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Perut buncit atau yang sering disebut dengan obesitas sentral umumnya bisa disebabkan dengan adanya penimbunan lemak diakibatkan pengonsumsian karbohidrat, kolesterol, hingga lemak dalam jumlah yang tinggi tanpa diimbangi dengan olahraga yang cukup. Namun, khususnya buncit, seringkali disebabkan oleh pengkonsumsian alkohol oleh sebab itu buncit juga sering disebut sebagai beer belly.

PENYEBAB PERUT BUNCIT
1. Hormon & Usia
2. Stres Berlebihan
3. Kurang Berolahraga
4. Tidur yang Kurang Cukup
5. Mengonsumsi Alkohol
6. Menopause
7. Terdapat Bakteri pada Usus
8. Mengonsumsi Gula secara Berlebihan
9. Mengonsumsi Lemak Trans secara Berlebihan
10. Kurang Mengonsumsi Serat
11. Kurang Mengonsumsi Protein
12. Makan banyak serat larut
13. Hindari makanan yang mengandung lemak trans
14. Hindari minuman yang dimaniskan dengan gula
15. Berhenti minum jus buah
16. Makan makanan probiotik atau minum suplemen probiotik

Selain mengganggu penampilan, perut buncit cukup menjadi permasalahan serius pada kesehatan. Menurut penelitian, perut buncit ternyata dapat meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit yang berbahaya. Kumpulan lemak, terutama di dalam perut bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Pengidap perut buncit banyak mengandung senyawa sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan kanker usus besar, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab perut buncit.Ada banyak penyebab perut buncit yang jika akan menjadi masalah serius. Mengetahui penyebab perut buncit setidaknya dapat mencegah hingga mengurangi dan mengempiskan .

RESIKO PERUT BUNCIT!!
1. Kolesterol Tinggi
2. Tekanan Darah Tinggi
3. Diabetes
4. Penyakit Jantung hingga Stroke
5. Demensia

PENCEGAHAN PERUT BUNCIT
1. Berolahraga secara teratur
2. Memperhatikan asupan makanan setiap hari
3. Memastikan memiliki tidur yang cukup
4. Menghindari stres

Demikian ulasan singkat kami, semoga bermanfaat untuk anda
RobertoNews 1624《17.11.22 (07.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait