Peserta LKS Butuh Pembimbing Profesional Agar Bisa Berkompetisi

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Lomba Keterampilan Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jatim yang ke XXX SMKN 1 Jombang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Alhasil jurusan bidang lomba otomatisasi perkantoran mendapatkan juara III, kemudian bidang lomba bisnis daring dan online itu juga mendapatkan juara III tingkat Provinsi Jawa Timur.

Demikian hal itu diungkapkan Drs. Supriyadi, M.Kes selaku Kepala MKKS SMKN se – Kabupaten Jombang saat ditemui di ruang kerjanya terkait Lomba Keterampilan Siswa butuh pembimbing profesional untuk membina peserta lomba LKS bila sampai tingkat nasional dan dunia agar bisa berkompetisi.

Tingkat Wilayah Kerja (Wilker) IV Jawa Timur ungkapnya, masing masing mendapat juara I kemudian seterusnya mengikuti tingkat Provinsi. Dan hasilnya mendapat juara III, itu yang diselenggarakan tanggal 24 – 27 Maret 2022 di SMKN 3 Jombang belum lama ini.

“Dan itulah merupakan hasil dari pembinaan yang selama ini dilakukan untuk di masing – masing bidang lomba itu. Sebenarnya di tingkat Wilker meloloskan lima bidang keahlian tapi dari lima itu katanya, dua mendapatkan juara,” tuturnya kepada beritalima.com,

Dijelaskan Supriyadi, peserta LKS diikuti SMK Negeri/Swasta se-Jawa Timur dengan leading sektor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur selaku penyelenggara juga disuport Gubernur Jawa Timur.

“Dan pelaksanaannya untuk bidang lomba itu ada di Surabaya. Sebenarnya menyebar di seluruh Kabupaten cuma pas untuk kegiatan yang bisnis daring dan online dan jurusan otomatisasi perkantoran itu ada di Surabaya,” tandasnya.

Lomba Keterampilan Siswa ini ujar Supriadi, program dunia karena urutannya juara Kabupaten, yang menang ikut lomba lagi di tingkat Wilker Jawa Timur. Nominasi yang menang kemudian diikutkan lomba LKS tingkat Provinsi Jawa Timur di Bandung, Jawa Barat

“Yang juara I nanti diikutkan tingkat nasional. Yang menang tingkat nasional diikutkan tingkat dunia (world skill) yang nanti akan dilaksanakan tahun ini di Shang Hai China,” tegas Supriadi yang juga Kasek SMKN 1 Jombang.

Diterangkan Supriyadi, LKS dengan olimpiade berbeda, LKS untuk SMK sedangkan olimpiade untuk SMA. Lomba LKS tingkat dunia namanya world skill. Tahun kemarin jelasnya, pernah sampai tingkat nasional dan juara 1, akan tetapi untuk tahun ini ada dua bidang lomba yang sampe juara 3..

Masih lanjut Supriyadi, Kepala MKKS SMK se – Kabupaten Jombang mengharapkan agar semua SMK yang ada di Kabupaten Jombang diupayakan agar bisa mengikuti world skill atau lomba keterampilan siswa tingkat dunia.

“Jadi bukan hanya tingkat nasional menyiapkan pembimbing yang profesional untuk merekrut anak-anak yang potensial yang ikut LKS agar dibina secara khusus bila sampai tingkat nasional atau world skill supaya bisa berkompetisi,” pungkas Surpiyadi

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait