Pesisir Berseri 2018 Jadikan Pantai Bersih Asri dan Lestari

  • Whatsapp
Penyerahan Hadiah Kepada Peserta di UPT P2SKP Bulu Tuban

TUBAN, beritalima.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan, Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (P2SKP)di Bulu Kabupaten Tuban, menggelar kegiatan pesisir berseri. Kali ini mengambil tema Pantaiku Bersih, Lestari dan Berseri. Kegiatan diwujudkan dengan menanam pohon cemara udang dan membersihkan pesisir pantai di Desa Bulu Madurasa Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini kita gelar sebagai upaya mendorong masyarakat berpola hidup bersih. Masyarakat kita ajak menjaga kelestarian lingkungan kelautan, masyarakat sepenuhnya kita ajak untuk mendukung Program Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Indonesia,” ujar Ir Pratiwi Sulistyawati, MM Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelabuhan dan Pengolahan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (P2SKP) Bulu Kabupaten Tuban, usai giat gerakan pesisir berseri.

Kegiatan dilakukan dengan menanam 300 batang cemara udang dan bersih-bersih di kawasan pesisir di Desa Bulu Meduro. Kegiatan pesisir berseri bertujuan menghijaukan pantai menjadi lebih hijau, teduh dan sejuk, secara ekologis juga menyelamatkan wilayah pantai dari abrasi.

“Tanaman cemara udang kita manfaatkan untuk menghijaukan yang nantinya memiliki dua fungsi yang kita harapkan meliputi kelestarian alam dan manfaat wisata nantinya,” kata perempuan yang akrab disapa Bu Yani ini.

Ke depan UPT P2SKP Bulu Tuban berharap pantai akan dibuat sebagai taman wisata pesisir yang bisa berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan karena hijau pantaiku, bersih, teduh dan asri.

“Kedepannya nanti akan menjadi objek wisata yang asri, edukatif untuk pembelajaran dan akan berimbas positif pada tingkat perekonomian masyarakat setempat,” papar dia.

Diharapkan setelah dilakukan penghijauan warga sekitar baik nelayan atau pengunjung tetap merawat dan menjaga agar tanaman wisata pesisir tetap asri dan sejuk.

“Kondisi wilayah pesisir yang nyaman dan asri diperlukan peran aktif masyarakat untuk memiliki kesadaran dan pentingnya kawasan hijau, di pesisir pantai yang nantinya dapat dirasakan kembali oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Hadi Iswanto, SPI MM kasubag TU UPT P2SKP Bulu menambahkan, kegiatan pesisir berseri ini selain menanam cemara udang di pesisir pantai juga dilakukan bersih-bersih lingkungan pantai. Kegiatan melibatkan karang taruna Bulu Meduro dan Banjarejo selain itu juga tokoh masyarakat dan 200 siswa siswi SMA Desa Bulu Meduro Kecamatan Banjar Kabupaten Tuban.

“Kita pilih pemuda khususnya kalangan pelajar karena belajar merupakan generasi penerus bangsa, diharapkan menjadi pelopor untuk mewujudkan program pesisir berseri dan menjaga kelestarian lingkungan,” kata dia.

Kegiatan pesisir berseri 2018 pantaiku bersih, lestari dan berseri yang dilakukan UPT P2SKP Bulu Tuban, dihadiri Kapten Infanteri Fri Wahyudi Danramil 081112 Banjar, Ipda Edi Siswanto Waka Polsek Bancar Tuban, Kamladu Wilayah, Kepala Desa Bulu Madura dan Banjarejo, Ketua HNSI dan Rukun Nelayan, beserta tokoh masyarakat setempat. Kegiatan juga diisi Peraih Kalpataru 2010 Kategori Perintis Lingkungan H. Ali Mansyur. Acaranya semakin meriah dengan banyaknya fun game berhadiah dari panitia yang diikuti seluruh peserta dan musik tongklek, hiburan khas masyarakat Kabupaten Tuban.

(Advetorial)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *