Pilkada Jatim 2018 LIRA Tetap Independen

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com–  Soal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018,  Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur menegaskan, LIRA tidak akan mendukung salah satu pasangan calon. Dan akan tetap menjadi LSM yang independen.

“LIRA memutuskan tidak ikut terlibat dalam aksi dukung- mendukung di Pilgub 27 Juni 2018. LIRA akan menjadi relawan pemantau pilkada Jatim,” ungkap Irham Maulidy Gubernur Lira Jawa Timur di acara ‘Sosialisasi dan Pembekalan Peran Fungsi Pemantau Dalam Pilkada Tahun 2018’ di Hotel Luminor Surabaya, Minggu (11/3/2018).

Menurut Irham, LIRA saat ini telah mendeklarasikan ‘Satgas Pilkada Bersih Anti Money Politics’, dan akan segera mendaftar menjadi pemantau di KPU Jatim. Ini karena pendaftaran pemantau akan ditutup dalam waktu dekat.

“Target kami ada 25 ribu orang relawan pemantau. Sekarang masih mencapai 13.600 orang, Selain itu juga dilakukan pembubuhan tanda tangan komitmen menjaga pilkada Jatim dari praktik politik uang yang dilakukan KPU Jatim, Bawaslu Jatim, DPRD Jatim, DPR RI dan LIRA Jatim,” katanya.

Irham juga menyampaikan bahwa saat ini, masih banyak masyarakat bawah di Jatim yang belum mengetahui kapan pelaksanaan Pilgub Jatim dan pilkada serentak 18 kabupaten/kota.

“Kader LIRA harus menjadi mata dan telinga mengawasi penyelenggara pilkada, yakni KPU dan Bawaslu. Jadi, tidak hanya pasangan kandidat yang diawasi,” tuturnya.

Presiden LIRA Jusuf Rizal menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada KPU dan Bawaslu Jatim yang telah menggandeng LIRA untuk mewujudkan pilkada bersih anti politik uang.

“Jadikan lembaga pemantau LIRA ini untuk memperkuat jaringan di Jatim. LIRA harus ikut mengawal pilkada agar bersih dan bebas dari praktik politik uang,” jelasnya.

Acara pembekalan kepada relawan pemantau LIRA Jatim juga dihadiri pembicara dari Komisioner KPU Jatim Khoirul Anam, Anggota Bawaslu Jatim Aang Khunaifi dan Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali. Sebanyak 13.600 relawan pemantau LIRA se-Jatim akan diterjunkan untuk mengawasi pelaksanaan pilgub di seluruh TPS se-Jatim yang berjumlah 68.511 TPS. (Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *