PLN Sambung 36 Dusun Belum Berlistrik di Jawa Timur

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mempercepat eksekusi elektrifikasi wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) melalui program listrik desa (lisdes). Hingga Agustus 2022, PLN telah menggencarkan elektrifikasi ke 36 dusun belum berlistrik yang menyuplai 4.293 pelanggan dengan panjang jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 67,11 kms, jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 97,1 kms, dan 31 unit gardu distribusi.

Manager Unit Pelaksana Proyek Pembangunan (UP2K) Jawa Timur, Eko Wusono Edi, mengatakan, PLN akan terus mengupayakan seluruh dusun di Jawa Timur yang belum teraliri listrik untuk mendapatkan akses listrik hingga Rasio Elektrifikasi dapat mencapai 100%. Dalam mempercepat proses ini PLN terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

“Hari ini akan dioperasikan sambungan listrik untuk 5 dusun di wilayah Madura, yakni Dusun Pabrik, Dusun Londalem, Dusun Batukaben 2, Dusun Angsoka Timur dan Dusun Telageh, yang nanti total akan menyuplai 100 pelanggan,” terang Eko.

Mengapresiasi kinerja PLN, Sujarwo selaku Camat Konang, Bangkalan, mengatakan, dengan adanya listrik kesejahteraan dan perekonomian warga menjadi meningkat. “Terimakasih kepada PLN telah menyalakan listrik Desa Batokaban, Kecamatan Konang. Tentu ini sangat membantu warga desa untuk anak-anak yang setiap sore belajar mengaji. Kegiatan masyarakat akan terbantu dengan listrik, peralatan rumah tangga pakai listrik juga. Banyak dusun yang belum berlistrik, semoga kedepannya PLN mau melistriki lagi,” papar Sujarwo.

Sladi, warga Desa Batokaban yang berprofesi sebagai petani menyatakan kegembiraannya atas pengoperasian listrik di Dusunnya. “Mator sakalangkong PLN, saya diberikan listrik. Sekarang rumah saya tidak gelap gulita,” ujarnya.

Eko Wusono Edi menambahkan, pada tahun 2022 akan dibangun jaringan listrik desa di 98 lokasi yang menyuplai kurang lebih 13.296 pelanggan termasuk di kepulauan, dengan panjang jaringan tegangan rendah (JTR) 295,07 kms, jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 147,94 kms, dan 89 unit trafo kapasitas 8.850 KVA. (Gan)

Teks Foto: Petugas PLN saat menyambungkan listrik ke rumah warga di Bangkalan.

beritalima.com

Pos terkait