Polres Pamekasan Terjunkan Pengamanan Pilkades Sebanyak 2.947 Personil

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com|Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Pamekasan yang digelar pada tanggal 23 April 2022, Polres Pamekasan menggelar Apel Gelar Pasukan “ Operasi Mantab Praja Ronggosukowati -2022 “ Dalam rangka pengamanan Pilkades serentak tahun 2022 di Wilayah hukum Polres Pamekasan.

Adapun personil Polri yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkades Serentak Kab. Pamekasan sebanyak 2.947 personil Polri terdiri dari Anggota Polres Pamekasan, Polda Jatim dan Polres Jajaran Polda Jatim serta Brimob Polda Jatim.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Stadion Ratu Pamelingan Kecamatan. Tlanakan, Kabupaten Pamekasan ini, dihadiri jajaran Forkopimda Pamekasan dan peserta apel yang terdiri dari TNI-POLRI dan Satpol PP Pamekasan, Jum’at (22/4/2022).

Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto, dalam amanatnya menyampaikan bahwa, pengamanan Pilkades Serentak di Pamekasan tahun 2022 ini, merupakan pesta demokrasi masyarakat Pamekasan untuk memilih kepala desa yang puncaknya akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 23 april 2022 sebanyak 72 desa dengan 602 TPS.

“Dalam rangka terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif mulai tahap persiapan s/d pelaksanaan kegiatan Pilkades Serentak tahun 2022, pada hari ini jum’at tanggal 22 april 2022 kita laksanakan apel gelar pasukan bersama TNI dan instansi terkait, dengan harapan adanya sinergitas dalam mensukseskan pilkades serentak di Pamekasan tahun 2022 yang aman, tertib, lancar dan damai,”ungkapnya.

Ada beberapa hal yang perlu ditekankan kepada seluruh personel pengamanan pilkades serentak di Pamekasan tahun 2022 sebagai berikut

1.Siapkan mental saudara dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi serta laksanakan tugas yang telah dipercayakan kepada saudara dengan penuh rasa tanggung jawab dan ikhlas.

2.Segera kenali karakteristik wilayah / desa dimana anda ditempatkan dan laksanakan tugas dengan profesional, lakukan langkah-langkah baik bersifat pre-emtif, preventif dan penegakan hukum, yang tentunya tetap melaksanakan koordinasi dengan unsur pelaksana dilapangan, dan pastikan enam puluh (60) menit sebelum pelaksanaan pemungutan suara, seluruh petugas keamanan sudah berada di lokasi TPS.

3.Masing-masing padal agar mengecek kesiapan personel pengamanan, dan melakukan koordinasi dengan petugas p2kd, terkait kesiapan pelaksanaannya.

4.Selalu memonitor perkembangan situasi tps yang menjadi tanggung jawabnya dan tingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan – kemungkinan yang akan menimbulkan kekacauan terutama yang berpotensi menimbulkan dampak secara luas di masyarakat, sehingga sedini mungkin dapat dicegah dan diatasi serta laporkan setiap perkembangan kepada padal / kapolsek / pamatwil secara berjenjang.

5.Menghimbau warga masyarakat untuk tidak membawa senpi, sajam / barang-barang yang berbahaya lainnya ke tps dan sekitarnya, apabila ditemukan adanya masyarakat yang membawa barang yang dilarang tersebut, segera melaporkan kepada padal / kapolsek / pamatwil untuk ditindak lanjuti.

6.Jaga sinergitas petugas pengamanan di lapangan dan apabila petugas pengamanan tps tidak dapat mengendalikan situasi, segera laporkan ke padal / kapolsek / pamatwil secara berjenjang untuk menambah perkuatan bantuan personel.

7.Padal/kapolsek/pamatwil agar melaporkan secara berjenjang perkembangan situasi secara rutin dan berkala kepada posko operasi mantap praja ronggosukowati th. 2022 serta membuat laporan hasil pelaksanaan tugas.

Mengakhiri sambutanya, Kapolres Pamekasan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta gelar pasukan dan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini, semoga menjadi catatan amal baik di hadapan tuhan yang maha esa, serta jaga kondisi kesehatan fisik saudara, agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sekalian dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara,”tutupnya.(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait