Program Baru SIAK Harus Diketahui Pemerintah Desa

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Sosialisasi Penerapan SIAK Terpusat tahun 2022 digelar di ruang Bung Tomo, Pemkab Jombang. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang Masduqi menerangkan bahwa sosialisasi itu adalah untuk diketahui oleh pemerintah sebagai program baru mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai tingkat kabupaten.

“Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam proses pelayanan administrasi kependudukan, kunci pertama tugas catpil hanya mencatat,” tegas Masduqi kepada beritalima.com, Jum’at (1/4/2022).

Seperti yang diungkapkan Masduqi, bahwa tugas catpil hanya mencatat apa yang diminta oleh masyarakat, diterbitkan dalam bentuk dokumen sehingga pemerintah desa sebagai pintu awal masuk pendataan harus betul-betul data bener dan valid.

“Karena data yang diberikan dan dicatat dokumen desa itu salah nanti dokumen yang kita keluarkan jadi salah,” jelasnya.

Oleh karena itu Kadisdukcapil meminta kepada Pemerintah Desa untuk bisa membantu masyarakat secara maksimal terkait dengan data kependudukannya.

Lanjug Kadis usai sosialisasi, meminta kepada peserta sosialisasi untuk menyampaikan kepada desa – desa yang saat ini belum hadir paling tidak menyampaikannya.

“Mereka terkesan riwa riwi tapi tidak tahu, tapi kalau dari awal sudah tahu data sudah lengkap saya yakin mereka dapat dokumen yang mereka butuhkan,” tuturnya.

Dalam sosialisasi ini, Kadisdukcapil mengundang desa percontohan yang diambil dari masing – masing kecamatan. Satu kecamatan dua desa totalnya 42 desa yang harus dilayaninoleh Disdukcapil Kabupaten Jombang.

“Nanti kalau sudah mahir bisa disampaikan kepada desa tetangganya,” terangnya.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait