Prostat Membesar, Bagaimana Hadapinya???

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Pak sutomo dan Pak chandra waktu sedang berkencingndi WC bercerita bahwa Pak Sutomo waktu mau pipis lamasekali kencing keluar namum pak Chandra bercerita bahwa sehabis kencing suka netes dicelana ndalam dan kencing amat sulit dan lama,mereka divonis dokter sakit prostat membesar dan sedang minum obat.Para kaum Adam menginjak usia senja tak bisa penolakan Prostat membesar. Pembesaran dengan penuaan ini disebut hipertropik prostat dalam istilah medis dikenal ; Benign Prostatic Hypertrophy (BPH) adalah suatu kelenjar prostat membesar dapat menekan atau menimpa pada saluran keluar kandung kemih atau urethra, menjurus pada sulitnya untuk membuka saluran kemih berakibat aliran kencing yang lambat dan kencing lebih sering, terutama pada waktu malam hari.
Seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar prostat akan terus membesar. Pada sebagian pria, pembesaran ini cukup signifikan sehingga menekan saluran kencing akan mengecil .
Gangguan yang sering memberikan gejala mirip pembesaran prostat antara lain batu kandung kemih, infeksi saluran kencing, gagal jantung, diabetes, stroke, gangguan persarafan, peradangan prostat, kanker prostat, jaringan parut pada saluran kencing, dll.

KELENJAR PROSTAT
Kelenjar prostat adalah suatu organ yang berlokasi pada dasar atau leher dari kandung kemih. Kelenjar yang mengelilingi bagian pertama dari urethra. Urethra adalah jalanan lintasan dimana urin mengalir dari kandung kemih untuk keluar dari penis. Beratnya pada orang dewasa kira-kira 220 gram dengan ukuran panjang 3,4 cm, lebar 4,4 cm dan tebal 2,6 cc
Pembesaran prostat disebut sebagai hiperplasia prostat jinak (BPH). Ia berlaku ketika sel kelenjar prostat mula membiak. Pertambahan sel dengan banyak ini menyebabkan kelenjar prostat membengkak, yang kemudiannya menyempitkan tiub urethra.Kesannya, air kencing hanya dapat keluar dengan sedikit disebabkan penyempitan saluran urethra. BPH tidak sama dengan kanser prostat dan tidak meningkatkan risiko untuk mengalaminya.Walau bagaimanapun, ia boleh menyebabkan gejala yang mampu mempengaruhi kualiti hidup anda dan biasanya berlaku pada lelaki yang berumur lebih dari 50 tahun. “Fungsi prostat ialah mengeluarkan cecair seminal yang menjadi air mani apabila bercampur dengan sperma dihasilkan testis.”Tanpa kelenjar ini, kemungkinan air mani tidak dapat dikeluarkan semasa mengadakan hubungan intim bersama isteri,”

FUNGSI PROSTAT
1. membantu pembuangan air kecil.
2. menghasilkan
a. semen (air mani) untuk mengangkut sperma
b. mineral-mineral dan gula

GEJALA PROSTAT
1.Sulit untuk mulai berkemih.
2.Aliran kemih lemah, dan kadang-kadang terhenti.
3.Kencing menetes sebelum dan setelah berkemih.
4.Sering merasa sangat ingin berkemih.
5.Sering bangun di malam hari untuk berkemih.
6,Rasa tidak puas setelah berkemih, terasa kandung kemih masih ada isinya .
Komplikasi berupa infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, kencing keluar darah, dan gangguan fungsi ginjal.

Namun dengan gejala seperti di atas, tidak dapat dengan serta merta dikatakan seseorang adalah penderita pembesaran kelenjar prostat. Banyak gangguan atau penyakit yang memberikan gejala yang hampir sama. Oleh karena itu, sebelum diagnosis pembesaran kelenjar prostat jinak ditegakkan, maka serangkaian pemeriksaan harus dilakukan, antara lain colok dubur, analisis urin, uji PSA (prostatic specific antigen), biopsi, dll.

PSA yang dikenal sebagai parameter untuk mendeteksi dini Kanker Prostat merupakan enzim yang dikeluarkan oleh Kelenjar Prostat berfungsi untuk mengencerkan cairan sperma sewaktu ejakulasi agar memudahkan pergerakan sperma.
Apa itu PSA ?

Penyebab Prostat Membesar
1. peningkatan kadar dehidrotestosteron (DHT)
2. Proses aging (menjadi tua)

Mekanisme Pembesaran Prostat
Pertumbuhan kelenjar prostat sangat tergantung pada hormon testosteron yang didalam sel-sel kelamin prostat hormon ini akan dirubah menjadi dehidrotestosteron (DHT) dengan bantuan enzim alfa reduktase. DHT inilah yang kemudian akan diikat oleh reseptor yang berada dalam sitopalsma sel prostat sehingga membentuk DHT reseptor Kompleks, yang kemudian akan masuk kedalam inti sel dan secara langsung memacu m-RNA untuk mensintesis protein sehingga terjadi proliferasi sel.

Beberapa hipotesis yang diduga sebagai penyebab timbulnya hiperplasia prostat adalah
1.keseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen pada usia lanjut
2.peranan Growth Factor sebagai pemacu pertumbuhan struma kelenjar prostat
3.meningkatnya lama hidup sel-sel prostat karena berkurangnya sel yang mati
4.terjadi proliferasi abnormal sel sterm sehingga menyebabkan produksi sel struma dan sel epitel kelenjar prostat menjadi berlebihan.

Penunjang Diagnosa bagi pria >50 diwajibkan pemeriksa
1. Digital Rectal Examination
2. Periksa darah PSA
Untuk membedakan apakah karena Pembengkakan Prostat (BPH) atau Kanker Prostat terutama bagi mereka yang kadar PSA total 2,6-10ng/ml dianjurkan pemeriksaan
PSA terdiri
1.free PSA adalah fPSA bebas
2.c-PSA ( Complexed PSA)
Pada Prostat bengkak f PSA tinggi dan Kanker Prostat c-PSA tinggi
Sekilas info semoga bermanfaat
Roberto News 1407《3.5.229((05.30)}
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait