PT AMNT Suport Pengembangan Pariwisata Jelenga

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB,beritalima.com| Tim Penilai Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dari Universitas Indonesia, Prof. Jatna Supriatna mengungkapkan, sebuah destinasi pariwisata berkelanjutan tidak lepas dari dukungan berbagai sektor, selain Pemerintah Daerah, sektor lain yang sangat mendukung berkembangnya pariwisata adalah beberapa perusahaan swasta.

“Ajang ISTA adalah ajang untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia agar dapat menjadi pariwisata berkelanjutan,” kata Jatna.

Prof. Jatna menilai potensi Alam Asri pantai Jelenga akan sangat dapat dikembangkan jika PT Aman Mineral Nusa Tenggara bersinergi dengan Pemerintah Daerah sehingga menjadikan destinasi tersebut menjadi destinasi yang berkelanjutan yang mendatangkan devisa dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Dalam pariwisata, dukungan Perusahaan Swasta seperti PT AMNT ini yang memang diharapkan untuk mengembangkan pariwisata karena dukungan ini akan meningkatkan ekonomi secara merata,” ungkap Jatna.

“Tim penilai ISTA terdiri dari para Menteri, mantan Menteri dan beberapa penilai dari Universitas Indonesia yang mempunyai kompetensi di bidang pariwisata”, tambah Prof. Jatna. Penilaian akan sangat ketat, obyektif dan terbuka karena akan menentukan siapa yang layak menjadi juara yang nantinya akan berkompetisi di ajang Internasional.

“Penilaian ini bukan berarti kami menilai buruk atau baik sebuah pariwisata tetapi nanti kami akan memberikan masukan sehingga bisa menjadikan pariwisata itu berkelanjutan,” tutur Jatna.

Ungkapan Prof. Jatna langsung ditanggapi oleh Mangement PT AMNT, H. Djarot saat diwawancarai di pantai Jelenga, Kamis (25/7/2019). Untuk mendukung destinasi Jelenga ke depannya pihaknya telah mengadakan rapat terbatas dengan Pemerintah Daerah yaitu dengan Dinas Pariwisata dan Bappeda Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kami sepakat akan menjadikan pantai ini lebih baik, terkoordinir dan terintegrasi dengan Pemda, Provinsi dan Pusat dan semampu kami akan ikut membantu mengembangkan destinasi ini,” kata Djarot.

Pihak PT AMNT bersama Pemda akan melengkapi fasilitas dasar seperti akses jalan sepanjang pantai yang bagus, fasilitas untuk istrahat pengunjung, ketersediaan kamar mandi, dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

“Kami akan terus menata pantai ini agar para pengunjung dapat berlama-lama di sini. Pohon-pohonnya kami tambah agar pantainya sejuk,” tutur Djarot.

Dalam ajang ISTA ada empat kategori penilaian, yaitu Ketegori Pariwisata peduli lingkungan, Pariwisata Peduli Ekonomi, Pariwisata Sosial Budaya, dan Managemen Pariwisata. Dari empat kategori akan diambil masing-masing lima pemenang dan satu yang akan keluar sebagai juara umum(Rozak B5)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *