PT BSI Dukung Polda Jatim Gelar Simulasi Tanggap Bencana di Pancer

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menggelar simulasi penanggulangan bencana tsunami di Pantai Mustika Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (5/1).

PT Bumi Suksesindo (BSI) mendukung penuh kegiatan ini. Dengan simulasi ini, diharapkan masyarakat lebih waspada dan tanggap saat bencana. Kegiatan sehari ini melibatkan masyarakat sekitar, pemerintah, dan semua unsur kebencanaan wilayah Banyuwangi, seperti TNI, BPBD, BMKG, Tim SAR, Tagana, dan PMI.

Direktur PT BSI, Cahyono Seto, menyatakan bahwa pihaknya memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan
simulasi ini agar berjalan dengan lancar dan sukses.

“Kami (PT BSI) mendukung program-program yang bermanfaat bagi masyarakat banyak seperti simulasi tanggap bencana ini,” tegas Seto.

Masih menurut Seto, simulasi tanggap bencana seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di wilayah rawan bencana. Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), selama 2018 terjadi 1.999 bencana di Indonesia. BNPB juga memprediksi jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat letak Indonesia secara geologi berada di patahan aktif yang menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.
Seto mendukung agar kegiatan semacam ini bisa digalakkan. Harapannya agar masyarakat lebih siap jika terjadi bencana, sehingga dapat meminimalisasi korban. Selain itu, satuan tugas terkait kebencanaan akan semakin terlatih.

“Kami berharap kegiatan seperti ini (simulasi tanggap bencana) bisa digalakkan, agar masyarakat juga siap menghadapi jika bencana terjadi. Selain itu, satuan tugas terkait agar lebih terlatih,” harap Seto.

PT BSI sudah tidak asing dalam kegiatan kebencanaan. Melalui para relawannya yang tergabung dalam Emergency Response Team (ERT), PT BSI terlibat dalam kegiatan penanggulangan bencana di Aceh, Lombok, Palu, Alasmalang Banyuwangi, dan terakhir di Pandeglang, Banten.

(Bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *