PT PAL Ambil Peran Penting dalam Modernisasi Kapal Perang Angkatan Laut Filipina

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
PT PAL Indonesia merayakan momen progresif yaitu gelaran dua seremoni utama antara lain Keel Laying Landing Dock (LD) Philippines #1 dan First Steel Cutting LD Philippine #2 pada Senin (22/01/2024).

Dalam momen ini, CEO PT PAL Indonesia, Dr. Kaharuddin Djenod M.Eng, dan RADM Caesar Bernard N Valencia, Vice Commander Angkatan Laut Filipina, menunjukkan antusiasme dan komitmen memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina.

Menurut RADM Caesar Bernard, kontribusi PT PAL sangat signifikan dalam pemenuhan kebutuhan pertahanan nasional Filipina. Dengan fokus pada penyelesaian pembangunan dua unit Landing Dock, ia menyatakan kepuasannya atas hasil produk-produk PT PAL selama ini, dan menegaskan harapannya terhadap kerjasama lebih lanjut di masa depan.

“PT PAL telah menjadi kontributor yang berpengaruh dalam modernisasi alutsista Angkatan Laut Filipina, dan kami tidak sabar menantikan kerjasama lainnya,” tambahnya.

CEO PT PAL, Kaharuddin Djenod, menanggapi dengan menekankan bahwa akuisisi teknologi pertahanan merupakan hasil dari political will yang tinggi antara pimpinan Indonesia dan Filipina.

“Kedekatan geografis bukanlah satu-satunya alasan, tetapi komitmen untuk memproduksi kapal dengan kualitas terjamin menjadi kunci kepercayaan yang kami dapatkan. Kami berhasil meyakinkan Philippine Navy untuk kembali mempercayakan kontrak kapal perang kepada PT PAL,” ungkap Kaharuddin Djenod.

Lebih lanjut, CEO PAL tersebut menyatakan harapannya bahwa pencapaian ini tidak hanya menjadi bukti keberhasilan regional, tetapi juga menjadi tantangan yang mendorong Indonesia untuk meraih pasar global.

Dalam mendukung visi ini, PT PAL berkomitmen untuk terus memperkuat kualitas produk dan penguasaan teknologi, menjadikan hal tersebut sebagai landasan Going Global.

“Komitmen kami untuk memproduksi kapal dengan standar kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan, mendekati atau bahkan sebanding dengan industri pertahanan luar negeri,” sambung Kaharuddin Djenod.

Tidak hanya sebagai pelaku bisnis, PT PAL juga melibatkan diri dalam mendukung kemajuan Indonesia sebagai Ketua ASEAN. Melalui contoh nyata keberhasilan industri, PT PAL berharap memberi inspirasi kepada negara-negara ASEAN untuk mengembangkan industrinya dengan standar yang lebih tinggi, terlebih dengan harapan agar ASEAN dapat menjadi manifestasi detterence effect dengan kemunculan produk-produk kapal perang berteknologi tinggi buatan PT PAL mendatang.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait