PT Sucofindo, Berharap Setelah Sosialisasi dan Pelatihan 3 Hari Peserta Mampu Mandiri

  • Whatsapp

Sumbawa Barat NTB. beritalima.com|
PT Sucofindo menggelar sosialisasi di bidang pemasaran hasil perikanan, kegiatan dilaksanakan selama 3 Hari bertempat di Aula Rumah Makan Kedai Sawah Komplek Kemuter Telu Center (KTC) Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Provinsi NTB.

Dr.Ir.Edward Danakusumah ,M.Sc.,PU selaku Project Koordinator PT Sucofindo memberikan apresiasi kepada Dinas terkait dan peserta Sosialisasi bisa mengikuti kegiatan selama 3 hari hingga selesai,diharapkan nantinya pemerintah daerah mendukung dan mensuport kegiatan tersebut.

“Setelah sosialisasi ini mereka yang akan mengembangkannya kita dari Sucofindo cuma memberikan dasar pengetahuan karena teman – teman ini yang bergerak di bidang pemasaran hasil perikanan, dari pemasaran hasil perikanan mereka sudah olah menjadi bahan- bahan yang tadi itu di ajarkan cara memasarkanya, diajarkan pula perizinan industri rumah tangga,” harapannya, Rabu (7/9/2022).

Edward menjelaskan,meningkat lagi untuk perizinan ada label halal dari MUI, tapi ada prosedurnya juga dan sudah kita ajarkan, hari ini diadakan sosialisasi mengenai parawisata bagaimana agar pemasaran lebih bagus lagi, dan terakhir di berikan sosialisasi pemasaran melalui gadget supaya mereka lebih siap lagi di era milenial ini.

” Sasaran dari kegiatan PT Sucofindo adalah kawasan Gili Balu, akan tetapi, atas permintaan mereka itu,sampai ke desa yang lain pun beberapa di undang. Dan melalui para penyuluh perikanan mereka yang mempunyai ilmunya tinggal kita kombinasikan sehingga ilmu yang ingin mereka sampaikan bisa sampai juga, pada pertemuan singkat ini.”Jelas Edward

Ia memaparkan keseluruhan ditujukan kepada pembangunan masayarakat Desa, masayarakatnya yang kita bangun, kita mulai pertama sekali dengan rehabilitasi mangrove, pelatihan pengolahan hasil – hasil perikanan, penangkapan tuna, kita bawa mereka ke laut bagaimana cara menangkap tuna,dan pelatihan penangkapan gurita yang ramah lingkungan, ada pula pelatihan penyelaman di kolam renang milik Haji Syafii yang berada di Kecamatan Brang Rea, disana mereka dilatih menggunakan alat penyelam, dan besoknya baru kita praktekkan dilaut,” paparnya.

Dr. Ir. Edward Danakusumah, M.Sc., PU selaku Project Koordinator PT Sucofindo menegaskan kegiatan ini adalah Program COREMAP-CTI,dengan pendanaan hibah yang berasal dari Global Environment Facility (GEF) yang disalurkan melalui Asian Development Bank. dan dilaksanakan sejak Maret 2021.

Kementerian PPN/Bappenas melalui ICCTF mengelola proyek COREMAP-CTI dan menunjuk PT Sucofindo Untuk melaksanakan program COREMAP CTI di Kawasan Gilibalu Kabupaten Sumbawa Barat(KSB).

Kemudian PT Sucofindo ditugaskan di gili balu mulai bulan maret 2021 dan akan berakhir bulan Nopember 2022, setelah itu stop, kita akan melakukan merekomendasi ke Pemerintah Daerah (PEMDA) kedepannya yang mungkin dan bisa dilaksanakan dan membawa kesejahteraan, tinggal Pemda mengelola dan mengusulkan apakah ke Kementrian Kelautan dan Perikanan atau ke BAPPENAS supaya mendapat pembiayaan.

” Harapannya dengan pelatihan ini supaya bisa berkembang sesuai yang kami rencanakan, karena sudah ada beberapa pelatihan yang kami sampaikan,kami pun melihat antusias yang begitu besar semoga ilmu yang diserap bisa dikembangkan oleh mereka.Tinggal bagaimana kita mengawalnya dan yang paling menguntungkan bagi kami adalah Pemda KSB yang sangat mendukung mulai dari Desa,Kecamatan hingga Dinas semuamya memberikan support , dan masyarakatnya juga welcome semua,” tuturnya (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait