Ratusan Tenaga Harian Lepas di Pasar Sidoarjo Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp
Bupati Sidoarjo, H.Saiful Ilah S.H, M.Hum, didampingi Kabid Pemasaran Penerima Upah (PU) BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Asnar Ahdyansyah, menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan pada wakil buruh pasar se-Sidoarjo, Kamis (27/12/2918).

SIDOARJO, beritalima.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sidoarjo mengakuisisi 173 tenaga harian lepas (THL) pasar se-Sidoarjo.

Kepesertaan para THL Pasar se-Sidoarjo ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah S.H, M.Hum, dan sosialisasi program di Kantor Disperindag Sidoarjo, Kamis (27/12/2918).

Mewakili Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Ikeda Hendra Kusuma, Kabid Pemasaran Penerima Upah (PU) Asnar Ahdyansyah mengatakan, pekerja harian lepas dalam rutinitasnya sangat berpotensi mengalami kecelakaan saat menjalankan pekerjaannya.

“Oleh karena itu, buruh-buruh angkut di pasar perlu perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, supaya kalau terjadi musibah kecelakaan kerja ada yang meng’cover’ mereka sampai bisa beraktivitas kembali,” kata Asnar dengan didampingi Staf Protokoler BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Amalul Ahli Hashfi.

Asnar mengatakan, di Sidoarjo untuk tenaga harian lepas pasar masih banyak yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Ini akan menjadi ‘pekerjaan rumah’ bagi kami untuk dapat mengedukasi ke seluruh pekerja.

Dikemukakan, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada peserta bukan penerima upah supaya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mengingat masih banyak masyarakat yang belum mengerti program ini.

“Banyak masyarakat yang belum paham akan perlindungan ketenagakerjaan. Oleh karena itu kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat seperti pedagang kaki lima, ojek, buruh harian lepas dan lainnya supaya mereka terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku sangat mengapresiasi program ini, karena bisa memberikan perlindungan kepada tenaga harian lepas pasar.

“Ini sangat penting, karena tenaga harian lepas pasar sangat berpotensi mengalami kecelakaan kerja. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sangat mendukung kegiatan ini,” tegas Bapak Bupati Sidoarjo. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *