RPP Nasional “BUNG KARNO” Diresmikan, Masyarakat Dapat Belajar Kepemiluan di Perpusnas Bung Karno Mulai Hari Ini

  • Whatsapp

BLITAR, Beritalima.com|
Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional “Bung Karno” telah diresmikan hari ini, Sabtu, 23 Desember 2024. Menyusul tiga RPP Nasional yang diresmikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya di Yogyakarta, Minahasa, dan Kota Batu. Sementara yang keempat ini di Kota Blitar.

Prosesi peresmian ditandai dengan pengguntingan pita. Dilakukan oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Miftahur Rozaq dan Walikota Blitar Santoso. Turut menyaksikan rangkaian peresmian, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Bung Karno Nurni Syam, dan Ketua dan Anggota KPU Kota Blitar Choirul Umam, jajaran forkorpimda Kota Blitar, Perwakilan 38 KPU Kabupaten /Kota di Jawa Timur, Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Blitar, serta perwakilan partai politik Pemilu 2024 tingkat Kota Blitar.

RPP Nasional Bung Karno ini lahir dari gagasan bersama KPU Kota Blitar. Coirul Umam saat memberikan sambutan menyampaikan, ide tersebut muncul saat pleno yang dilakukan oleh jajaran KPU Kota Blitar pertama kalinya.

“Kemudian hasil diskusi tersebut kami sampaikan ke pimpinan KPU dan KPU Provinsi, hingga hari ini Pimpinan KPU RI memberikan kepercayaan untuk mewujudkan gagasan tersebut,” papar Umam.

Ia melanjutkan, adanya RPP Nasional Bung Karno ini juga ada peran besar dari pihak UPT Perpusnas Bung Karno yang telah meyakinkan Perpusnas di Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Nurni Syam mengatakan lokasi untuk menempatkan RPP Nasional untuk pembelajaran demokrasi dan kepemiluan sudah sangat tepat.

“Mengingat, tugas-tugas kami salah satunya adalah mengoleksi literatur Bung Karno. Sedangkan pengunjung kita dalam setahun ini mencapai 1.3 juta orang,” papar Nurni.

Sementara, Anggota KPU Jatim Miftahur Rozaq memberikan apresiasi kepada KPU Kota Blitar yang telah menggagas terobosan baru ini.

“Ini kepercayaan yang harus kita jaga. RPP menjadi bagian daripada strategi dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat menjadi sangat penting dalam berdemokrasi,” tutur Rozaq.

Kaitannya dengan momentum Pemilu 2024, Rozaq berharap, RPP yang berisi histori Pemilu dan Pilkada harus tetap beradaptasi di era digital saat ini.

“Terlebih bagi segmen anak-anak muda saat ini, RPP menjadi sebuah pusat informasi yang divisualisasikan, konten-kontennya harus tetap diupdate,” harap mantan Anggota KPU Sampang ini.

Turut hadir, Walikota Blitar Santoso berharap RPP Nasional Bung Karno ini bisa menjadi rumah untuk lebih mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi.

Untuk keberlangsungan RPP, Santoso berharap adanya RPP Nasional Bung Karno tidak hanya sebatas momentum jrlang pelaksanaan Pemilu 2024.

“Pasca ini kami harap tetap menjadi wahana ssbagai pusat diskusi, meneladani apa yang telah dicontohkan Bhng Karno, khususnya bagai anak-anak muda,” tutup Santoso.

Rangkaian peresmian berjalan mulai pukul 13.00 hingga 15.00 di Amphiteater Komplek Perpusnas Bung Karno. Pasca seremonial acara, para tamu undangan diajak untuk berkeliling RPP dengan dipandu oleh Anggota KPU Kota Blitar Rangga Bisma Aditya. Melihat berbagai literasi kepemiluan dan demokrasi sekaligus mencoba berbagai edugame yang sudah disiapkan.

Dan tentu mulai hari ini, untuk seluruh masyarakat, utamanya masyarakat Kota Blitar, yang akan mengunjungi Perpusnas Bung Karno atau berziarah ke Makam Bung Karno dapat pula mengunjungi RPP Nasional.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait