Ruas Jalan Provinsi Mohubokul – Lumbung Kecamatan Kambata Mapambuhang Sedang Dikerjakan

  • Whatsapp

WAINGAPU, beritalima.com – Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Bina Marga sedang mengerjakan ruas jalan provinsi Mohobukul – Lumbung di kecamatan Kambata Mapambuhang, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantauan di lapangan wartawan media ini, dua alat berat yaitu ekskavator dan wheel loader sedang memperlebar badan jalan.

Rehabilitasi ruas jalan sepanjang 1,6 kilometer ini menghubungkan antar kecamatan Kambera dengan beberapa kecamatan di wilayah selatan kabupaten Sumba Timur, yaitu kecamatan Kambata Mapabuhang, Matawai Lapau, Matawai Lapau, Pinu Pahar, Tabundung, dan Katala Hamu Lingu.

Koordinator Wilayah Sumba Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Yermi Raja Gae, saat ditemui di lokasi proyek, Sabtu (11/12/021) mengatakan, pekerjaan rehabilitasi ruas jalan itu dikerjakan oleh PT. Teratai, dengan nilai kontrak Rp3.038.981.000, waktu pelaksanaan 180 hari kalender.

Ruas jalan sepanjang 1,6 kilo meter terbagi dalam dua segmen, yakni segemen I sepanjang 1,4 kilometer dan segmen II sepanjang 200 meter. Pekerjaan ini ditargetkan selesai pada Juni 2022. “Ruas jalan yang sedang dikerjakan saat ini kita lihat masih urpil, jadi kita peningkatan ke HRS (hotmix). Anggaran peningakatan jalan ini didalamnya sudah termasuk pelebaran jalan, deker baru, ada agregad A dan agregad B,” kata Yermi.

Ia menambahkan, pekerjaan infrastruktur jalan di Sumba Timur tahun ini ada enam paket, yaitu Mohobukul – Lumbung, Melolo – Kananggar, Kananggar – Nggongi, Nggongi – Wahang – Malahar, Malahar – simpang Tarimbang – Praipaha, dan Baing – Akokehok.

“Di Baing – Akokehok ada lima kilometer aspal, GO-nya 18,5 kilometer, di Melolo – Kananggar ada dua kilometer aspal, di Kananggar – Nggongi satu kilometer aspal. Kalau Nggongi – Wahang – Malahar 33 kilometer, dan lima kilometer aspal, dan Malahar – Simpang Tarimbang – Praipaha lima kilometer aspal dan GO 18 kilometer. Enam paket pekerjaan infrastruktur jalan ini menggunakan dana APBD I Provinsi Nusa Tenggara Timur (Sumber Pinjaman Daerah – PT. SMI,” jelasnya.

Sementara itu, Kornelis Karepi Talumbani, warga RT. 001/RW. 001 desa persiapan Ngarukaheri, kecamatan Kambata Mapambuhang, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi NTT yang telah memberi perhatian jalan provinsi di kabupaten Sumba Timur. “Dengan adanya peningkatan jalan yang menghubungkan beberapa kecamatan di wilayah selatan kabupaten Sumba Timur, maka memudahkan masyarakat membawa hasil bumi ke pasar Kota Waingapu,” ujarnya. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait