Saat Pandemi Covid-19 Stok Persediaan Darah di Wonosobo Menipis, 75 Anggota Kodim Donor Darah

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Guna membantu ketersediaan stok darah di PMI, Kodim Wonosobo kerahkan sebanyak 75 anggota untuk mengikuti kegiatan sosial donor darah yang dibagi dalam beberapa gelombang.

Disampaikan Ketua PMI Wonosobo H Muhson kondisi stok darah PMI saat ini dimasa pandemi Covid – 19 selalu kekurangan darah. Kebutuhan harian berkisar 25 kantong perhari. Sementara yang donor dibawah 25 orang. Untuk hari ini stok di PMI hanya 18 dari berbagai golongan.

Bacaan Lainnya

“Dengan kondisi tersebut salah satu upaya adalah meminta Kodim untuk mengerahkan anggota agar melakukan donor darah. Alhamdulillah hari ini langsung di respon sebanyak 75 anggota Kodim mengikuti donor darah yang dibagi dalam beberapa gelombang. Harapan dari Ketua PMI semoga apa yang dilakukan oleh Kodim ini diikuti instansi yang lain dan juga masyarakat secara umum.” Papar Muhson pada Rabu (8/4).

Sementara itu Komandan Kodim 0707 Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menyampaikan saat situasi pandemi Virus Corona ( COVID-19 ) yang terjadi di Indonesia tak menghalangi niat TNI untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) yang diketahui memiliki persediaan darah yang semakin menipis. Guna membantu ketersediaan stok darah PMI.

Dandim mengakui kebijakan social distancing mau tak mau berpengaruh pada ketersediaan stok darah PMI yang mulai menipis. Sementara di sisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi. Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan untuk membantu PMI. Akan tetapi aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah untuk jaga jarak dan lain sebagianya tetap diperhatikan.” Tandas Letkol Czi Wahyu.

Menurut Kasdim Mayor Caj Hanry Handoko yang diperintahkan untuk memimpin jalannya Bhakti Sosial Donor darah dalam menghadapi Pandemi Covid -19 menyampaikan, mari kita bersama – sama menolong sesama umat manusai yang membutuhkan, salah satunya adalah dengan menyumbangkan darah kita. Setetes darah kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

“Saat ini situasi yang tidak memungkinkan untuk berkumpul massa dalam jumlah banyak maka saat pelaksanaan dibagi dalam beberapa gelombang, untuk mematuhi peraturan pemerintah para pendonor tetap menjaga jatak dan tidak lupa menggunakan masker. Perlu diketahui bahwa jumlah anggota Kodim terbatas, setiap orang hanya bisa donor 3 bulan sekali untuk memenuhi kebutuhan darah PMI.” Ujar Kasdim.

Kasdim menghimbau dan mengajak masyarakat Wonosobo agar rela menyumbangkan darahnya langsung ke PMI. Dengan kita sering melakukan donor darah maka darah kita akan semakin sehat. Darah yang diambil akan diganti darah yang baru sehingga kita menjadi lebih segar. Manfaat donor darah adalah sangat membantu orang yang membutuhkan dan badan kita menjadi lebih sehat.” Tukas Mayor Hanry. (Rjt-05 Budi).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait